Thursday, August 29, 2024

(ArBer)Pentingnya tutup mulut!

 




Pentingnya tutup mulut!

 

Isi mulut seseorang biasanya mencerminkan perasaan serta isi hati orang tersebut.  Semakin banyak ornag berbicara, akan semakin terlihat karakter hidupnya.  Ada baiknya mimilih untuk tetap diam, jikalau memang tidak ada yang bisa kita katakan, dan jangan memaksakan berbicara sesautu yang sia – sia.

Nyatanya setiap individu suka sekali berkomentar, tanpa mengetahui apa yang menjadi inti pembicaraan.  Orang merasa dengan banyak terlibat dalam percakapan, maka sudut pandang terhadap dirinya akan berbeda, padahal belum tentu hal tersebut benar terjadi.  Kenyataanya malahan dengan asal bicara, orang lain akan yang mendengarkannya langsung dapat memberikan penilaian buruk, oleh karena pembicaraan ataupun komentarnya yang tidak berdasar.

Berdiam diri tentu juga bukanlah suatu kesalahan, jikalau memang dengan diam segalah hal akan berjalan lebih baik.  Komentar ataupun pendapat tetap harus dikatakan, itupun dikala waktu dan situasi yang tepat.  Jadi muai saat ini cobalah untuk banyak berdiam diri, jiakalau emmang tidak diminta berkomentar, sebaliknya ketika diminta berkomentar, katakanlah apa yang kita ketahui, dan bukan apa yang sengaja ingin kita katakan saja!

Banyak bicara belum tentu pandai, banyak diam belum tentu juga bodoh! Pergunakanlah mulut anda dengan penuh hikmat serta kebijaksanaan!

 

“Juga orang bodoh akan disangka bijak kalau ia berdiam diri

Dan disangkan berpengertian

Kalau ia mengatupkan bibirnya”

Amsal 17 : 28

God Bless You

No comments: