Thursday, September 19, 2024

(ArBer)Mendidik dengan memberikan conyoh nyata

 


Mendidik dengan memberikan conyoh nyata

 

Mendidik anak ataupun generasi penerus adalah kewajiban bagi orang dewasa ataupun orang tua.  Metode yang digunakan memang tidak ada yang paten, namun disesuaikan dengan kondisi serta pola pikir sanga anak.  Satu yang paling efektif dalam hal pengajaran adalah dengan memberi contoh secara lansung.

Kita tidak bisa melarang anak – anak untuk berhenti bermain gadget, ketika salah satu tangan koita menggengam geadget.  Kita juga tidak mungkin memaksa mereka toidur, ketika kita sedang asyik menikmati tontonan di televisi.  Mereka memerlukan contoh nyata dibandingkan dengan perintah keras yang tanpa tindakan.  Secara alami mereka akan mengikuti dan mengimitasi segala tingkah laku kita, baik yang benar maupun yang buruk.

Pelajaran yang terbaik dan paling mudah dolakukan adalah dengan mengamati serta kemudian melakukan apa yang diamati.  Semua anak – anak lebih mudah meniru daripada menjalankan perintah.  Jadi sebabagai orang tua kita juga wajib menunjukkan jalan yang benar bagi mereka sedari kecil! Dan bukan hanya itu,kita sendiri juga harus memberikan contoh nyata, agar mereka juga mengikutio jalan yang memang sudah kita tentukan, yaitu jalan yang benar sesuai dengan kebenaran firman Tuhan!

Orang muda biasanya akan berjalan di jalan yang sudah dilalui orang tua mereka! Jadi bawalah mereka ke jalan yang benar!

 

“Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya

Maka pada masa tuanya pun ia tidak akan

Menyimpang dari pada jalan itu”

Amsal  22 : 6

God Bless You

No comments: