Sunday, July 28, 2024

(ArBer)Lebih percaya berita palsu

 


Lebih percaya berita palsu

 

Salah ke-anehan antar umat manusia di dalam dunia ini adalah bahwa mayoritas yang akan selalu menang.  Meskipun mayoritas melakukan hal buruk sekalipun, namun oleh karana suaranya lebih banyak dari minoritas, maka apapun pendapat mereka akan dibenarkan.  Hal tersebut dahulu terjadi juga dianatar para pengintai dari bangsa Isarel yang mengintai, tanah perjanjian yang dijanjikan Tuhan!

Dari 10 orang yang pergi mengintai hanya dua orang saja yang memberikan laopran penuh dengan keyakinan, sisanya mereka melaporkan sesuatu yang diluar tugas mereka.  Tugas mereka hanya melihat apakah tanah yang dijanjikan benar – benar tanah yang kaya akan sumber daya alam.  Masalah penduduk yang besar dan bagaimana menaklukkan mereka, sebenarnya itu adalah urusan dari pada Tuhan Allah.

Kenyataanya bangda Israel lebih memilioh menerima berita buruk dari pada berita bagus yang dikabarkan oleh Yosua dan Kaleb.  Mereka bahkan dengan suara mayoritas ingin melengyakopan mereka berdua yang berpendapat berbeda dengan mereka.  Kebiasaan lebih mempercayai orang yang lebih banyak masih terjadi juga saat ini.  Kita terkadang malas menyaring informasi dan lebih berpendapat jikalau pembawa informasi teraebut berjumlah masiv maka itulah kebenaran.  Sebagai anak terang kita harus benar – benar berhikmat dalam menyasing segala informasi, jangan membenarkan segala hal yang dikemukakan banyak orang, sebab belum tentu hal tersebut adalah hal yang baik! Atau bahkan mendatangkan optiomisme!

Kabar busuk yang mematahkan semangat kerap datang secara masiv, jadi janganlah langsung kabar tersebut diterima bulat – bulat !

 

“Juga mereka memberikan kepada orang Israel kabar busuk

Tentang negeri yang diintai mereka, dengan berkata;

Negeri yang telah kami lalui untuk diintai adalah suatu negeri

Yang memakan penduduknya, dan semua orang – orang yang kami

Lihat di sana adalah orang – orang yang tinggi – tinggi perawakannya”

Bilangan 13 : 32

God Bless You

No comments: