Monday, March 2, 2009

(ArBer) Jangan bermain dengan bahaya!


Jangan bermain dengan bahaya!


Anak – anak senang sekal dengan hal – hal baru. Banyak mainan yang tidak seharusnya dimainkan anak – anak, belakangan ini justru menjadi primadona untuk bermain bagi anak – anak. Sebut saja petasan, mainan yang satu ini memang sangat mengasyikkan. Bayangkan saja sesuatu yang terdengar tarrr…tarrr….tar….sontak akan membuat anak - anak berteriak bergembira. Namun berhati – hatilah, dibalik letusan – letusan kecil, kita harus wapada saat menyalakan sumbu petasan dengan api. Kita yang sudah dewasa saja harus berhati – hati, apalagi yang menyalakan sumbu petasan tersebut adalah anak – anak.


Seperti halnya petasan akan sangat berbahaya jika dimainkan anak – anak yang belum berpengalaman menyalakannya, hidup kita juga sering menemui banyak bahaya. Pada awalnya mungkin hanya berupa kesenangan sementara, namun lama – kelamaan menjadi bahaya besar yang mengancam. Misalnya jika kita diberi uang pelicin dengan alasan “uang jasa”, awalnya memang biasa saja, kita menggunkannya sebagai uang pengganti transport atau biaya lainnya. Tetpi bila jumlahnya semakin bertambah, maka kita akan ketagihan, dan bahkan suatu waktu malah kita sendiri yang menentukan “uang jasa” untuk mempermudah semua urusan tersebut.


Kedagingan manusia adalah lemah, janganlah sekali – kali bermain dengan kedagingan kita walaupun kecil dan sementara. Bila kita sudah hidup berdasarkan firman Tuhan, maka beranilah untuk mengatakan tidak dengan sagala hal yang menyenangkan kedagingan kita. Belajarlah menjadi bijak dan jika kita sudah tahu akan ada bahaya maka sebaiknya jangan mencoba melewati atau melawan bahaya tersebut, karena jika kita bisa melewati atau melawannya hal tersebut bukanlah bahaya.

“kalau orang bijak melihat malapetaka,

bersembunyilah ia,

tetapi orang tak berpengalaman berjalan terus,

lalu kena celaka”

Amsal 27:12

GOD Bless u

No comments: