Tuesday, June 1, 2010

(ArBer)Canggih tapi tidak bermanfaat.


Canggih tapi tidak bermanfaat

.

Kamera cctv pada gambar diatas sepertinya berada di tempat yang salah. Jika letaknya tidak segera dipindahkan, maka kamera pengintai dengan harga mahal tersebut tidak akan bermanfaat. Percuma saja suatu barang menggunakan teknologi tinggi namun tidak bisa dipakai alias tidak bermanfaat.


Perkembangan teknologi di era kehidupan modern seperti ini memang tidak bisa dibendung. Setiap hari selalu ada inovasi-inovasi teknologi baru yang dapat mempermudah kegiatan manusia, biak dalm segi waktu, tenaga maupun pemikiran. Dengan demikian manusia sesungguhnya sudah sangat ketergantungan oleh alat-alat berteknologi canggih tersebut. Lalu apakah Gereja juga perlu mengadaptasi kenyataan ini, atau justru antipati terhadap perkembangan teknologi?


Seyogyanya Gereja mampu menyaring perkembangan teknologi untuk dipakai demi perkembangan Gereja dan perluasan kerajaan-Nya. Banyak perkembangan teknologi yang memang sangat dibutuhkan dalam hal liturgis kebaktian(ohp, proyektor, AC dan lain sebagainya). Dengan suasana yang nyaman, jemaat akan lebih mudah berkonsenterasi dalam mengikuti kebaktiaan. Hal tersebut memang bagus akan tetapi priositas suatu kebaktian(bersekutu bersama, memuji dan menerima firman Tuhan) jangan sampai digeser hanya karena kesiapan teknologi seperti diatas sedag tidak bisa dioperasikan. Jangan hanya kerena Ac tidak nyala kita jadi malas berlama-lama dalam beribadah di rumah Tuhan. Semua teknologi ciptaan manusia juga diilhamkan dari hikmay yang manusia dapatkan dari Tuhan, dengan akal pikiran yang Dia ciptakan kita mampu menghasilkan segala alat-alat tersebut. Jadi sudah sebaiknya kita jangan menjadikan ciptaan kita lebih berarti dari DIA yang menciptakan kita.


Percuma kita mempunyai alat-alat teknologi tinggi yang canggih didalam rumah-Nya, namun tidak bermanfaat bagi perkembangan kehidupan rohani kita.


“Sebab tanah yang menghisap air hujan yang sering turun ke atasnya

Dan yang mengahsilkan tumbuh-tumbuhan yang berguna

Bagi mereka yang mengerjakannya,

Menerima berkat dari Allah;

Tetapi jikalau tanah itumenghasilkan semak duri

Tidaklah ia berguna….”

Ibrani 6:7-8


GOD Bless u

No comments: