Thursday, September 29, 2011

(ArBer)Pura - pura ramah.


Pura – pura ramah.


Walaupun hanya guyonan semata, namun gambar diatas tersebut memang menyadarkan kita akan pentingnya bersikap ramah kepada orang lain.


Dengan anggota keluarga, saudara ataupun kerabat yang lebih tua, mungkin kita masih bisa bersikap ramah, tetapi dengan orang yang tak dikenal? Belum tentu! Walaupun tidak banyak, tapi tetap saja ada orang-orang yang bersikap ramah kepada orang lain. Lalu apakah diri kita termasuk dalam orang-orang yang bersikap ramah tersebut? Jika kita termasuk dalam orang-orang yang ramah, kemudian pertanyaanya selanjutnya adalah, apakah kita benar-benar ramah? Ataukah keramahan kita hanya demi maksud tertentu?


Kita wajib untuk bersikap ramah kepada siapa saja! Sikap ramah kita akan semakin sempurna apabila kita menunjukkan sikap tersebut dengan sepenuh hati tanpa maksud tertentu. Firman Tuhan bahkan mencatat perumpamaan Yesus yang lebih ekstrim yaitu bukan saja ramah tetapi juga menolong dengan sepenuh hati sampai tuntas. Lebih mencenangkan lagi yang memberikan pertolongan adalah seorang yang tidak disukai(orang samaria) bahkan dianggap musuh. Mulai saat ini bersikaplah ramah antara yang satu dengan lainnya! Janganlah menghitung-hitung lagi keuntungan yang bisa kita dapatkan dari orang yang kita perlakukan ramah! Mungkin kita tak mendapatkan keuntungan dari sikap ramah kita terhadap orang lain bahkan terhadap orang yang kita benci sekalipun! Namun Allah yang di sorga, tentunya tidak akan melupakan sikap tulus kita yang murni(tidak munafik), sampai waktu-Nya kita pasti akan mendapatkan balasan setimpal, bahkan lebih dari sikap ramah kita yang didasari ketulusan hati.


Sikap ramah yang tulus kita terhadap orang lain bukan hanya akan membuat orang lain ramah juga kepada kita, akan tetapi pastinya juga akan membuat Tuhan ramah kepada kehidupan kita!


“Tetapi hikmat yang dari atas adalah

Pertama-tama murni

Selanjutnya pendamai, peramah, penurut

Penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik

Tidak memihak dan tidak munafik”

Yakobus 3:17


GOD Bless u

No comments: