Monday, January 13, 2014

(ArBer)Perbuatan kasih



Perbuatan kasih

Hujan terkadang datang dengan cepat dan deras.  Tanpa peringatan hujan bisa saja tiba-tiba turun dengan derasnya.  Saat hujan turun dengan deras apakah yang harus kita lakukan?  Tentu jawabanya adalah menghindari hujan tersebut dan mencari tempat berteduh!  Namun apabila kita memiliki keterbatasan fisik, bisakah kita berlari cepat untuk mencari tempat berteduh?

Siapapun bisa dapat mengatakan kasih, namun tidak semua orang bisa melakukan perbuatan kasih.  Gambar di atas adalah salah satu contoh nyata perbuatan kasih.  Wanita yang sebenarnya juga sedang berteduh dari derasnya air hujan, menyempatkan diri untuk memayungi seorang yang mempunyai keterbatasan fisik menuju tempat yang teduh.  Sebenarnya perempuan tersebut bukan satu – satunya orang yang melihat bapak tua tersebut kehujanan, namun ternyata hanya dia seoranglah yang mau membantunya.  Meskipun akhirnya perempuan tersbeut juga kehujanan, namun dia telah mencegah bapak tua itu kehujanan lebih banyak.

Kasih sangat mudah diucapkan dan memberikan kesenangan bagi siapa saja yang mendengarkannya.  Perkataan kasih memang menyenangkan untuk didengar, namun hanya perbuatan kasih yang dapat membuat seseorang merasakan bahagia.  Bukan hanya membahagiakan orang yang dikasihi, bahkan Tuhan akan turut merasa senang apabila perbuatan kasih terhadap sesame dilakukan dengan ketulusan.  Sebagai mahkluk yang dikarunia akal dan pikiran, banyak hal yang bisa kita lakukan, tapi adakah perbuatan kasih diantara segala sesuatu yang kita perbuat?  Tuhan adalah kasih, dan sebagai anak – anak –Nya tentu juga mengalir kasih yang sama dengan – Nya, lalu apakah kita sudah melakukan perbuatan kasih kepada sesama? Ataukan kita baru sebatas membicarakan kasih saja?

Tuhan Yesus menunjukkan kasih- Nya dengan perbuatan nyata yaitu dengan mati di atas kayu salib demi semua umat manusia? Lalu apakah yang telah kita lakukan kepada sesama atas dasar kasih- Nya?

“Anak – anaku, marilah kita mengasihi
Bukan dengan perkataan atau dengan lidah,
Tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran”
1 Yohanes 3:18

GOD Bless u

1 comment:

Denis Desmanto said...

Shalom bapak, ibu dan saudara/i yang dikasihi oleh Tuhan. Apakah ada diantara bapak, ibu maupun saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael dan V'ahavta? Kalimat pernyataan keesaan YHWH ( Adonai/ Hashem ) dan perintah untuk mengasihiNya yang dapat kita temukan dalam Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 5 yang juga pernah dikutip oleh Yeshua/ ישוע/ Yesus di dalam Injil khususnya dalam Markus 12 : 29 - 31, sementara perintah untuk mengasihi sesama manusia dapat kita temukan dalam Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18. Mari kita pelajari cara membacanya satu-persatu seperti yang akan dijabarkan di bawah ini :

Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 5, " שְׁמַ֖ע יִשְׂרָאֵ֑ל יְהֹוָ֥ה אֱלֹהֵ֖ינוּ יְהֹוָ֥ה ׀ אֶחָֽד׃. וְאָ֣הַבְתָּ֔ אֵ֖ת יְהֹוָ֣ה אֱלֹהֶ֑יךָ בְּכׇל־לְבָבְךָ֥ וּבְכׇל־נַפְשְׁךָ֖ וּבְכׇל־מְאֹדֶֽךָ׃. "

[ Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " Shema Yisrael! YHWH [ Adonai ] Eloheinu, YHWH [ Adonai ] ekhad. V'ahavta e YHWH [ Adonai ] Eloheikha bekol levavkha uvkol nafshekha uvkol me'odekha ]

Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18, " וְאָֽהַבְתָּ֥ לְרֵעֲךָ֖ כָּמ֑וֹךָ. "

[ Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " V'ahavta l'reakha kamokha " ]

Untuk artinya dapat dilihat pada Alkitab LAI.

Diucapkan juga kalimat berkat seperti ini setelah diucapkannya Shema

" . בָּרוּךְ שֵׁם כְּבוֹד מַלְכוּתוֹ לְעוֹלָם וָעֶד. "
( Barukh Shem kevod malkuto, le'olam va'ed, artinya Diberkatilah Nama yang mulia, KerajaanNya untuk selamanya )

🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜✍🏼🕯️❤️🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🕍✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🦁🦅🐂🐏🐑🐎🦌🐪🕊️🐍₪🇮🇱