Tuesday, June 23, 2015

(ArBer)Hidangan untuk musuhku!

Hidangan untuk musuhku!

Tuhan pada perjanjian lama dan baru sebenarnya adalah satu, akan tetapi melalui seluruh kitab – kitab perjanjian lama, hipotesis yang dapat diambil adalah Tuhan adalah “Tuhan yang tegas, galak ataupun tanpa kompromi” sedangkan pada perjanjian baru Tuhan adalah “Tuhan yang penuh kasih”, benarkah demikian?

Hal tersebut tentu saja tidak sepenuhnya benar, sebab apabila ditelusuri lebih dalam lagi kitab demi kitab, maka akan terlihat bahwa pada perjanjian lamapun Tuhan adalah maha pengampun dan pengasih.  Tidak selamanya “mata ganti mata”, ataupun “gigi ganti gigi”, misalnya dalam kitab raja – raja musuhpun dapat diampuni bahkan diberi hidangan makan dan lalu dilepaskan.  Jadi sebenarnya sudah sejak perjanjian lama, Tuhan mengajarkan pengampunan kepada kita semua.

Tuhan menunjukkan pengampunan kepada Israel sejak jaman Musa, dan sepanjang perjalanan kehidupan berbangsa Israel, Tuhan juga selalu mengajarkan untuk mengampuni sesama manusia, sekalipun itu adalah musuh yang berniat mengambil nyawa.  Jadi Tuhan memang akan selalu maha kasih sampai selama – lamanya,(di seluruh injil dari perjanjian lama sampai perjanjian baru) hanya saja tidak semua manusia yang siap untuk hidup penuh kasih!  Apalagi kasih terhadap musuh sendiri.  Apakah anda sudah bisa mengasihi musuh anda? Maafkan dan ampunilah mereka! Maka anda akan mampu mengashi mereka! dan juga memberikan mereka hidangan atau makanan.

Musuh yang datang dengan penuh amarah, harus kita hidangkan “makanan” kasih serta pengampunan yang tulus!  

“Lalu bertanyalah raja Israel kepada Elisa,
takkala melihat mereka : Kubunuhkah mereka bapak?
Tetapi jawabnya : jangan! Biasakah kaubunuh yang kau tawan
Dengan pedangmu dan dengan panahmu?
Tetapi hidangkanlah makanan dan minuman di depan mereka
Supaya mereka makan dan minum, lalu pulang kepada tuan mereka”
2 Raja - raja 6  : 21 - 22



GOD Bless u

No comments: