Tuesday, July 21, 2015

(ArBer)Bukan penafsiran Daniel!

Bukan penafsiran Daniel!

Gambar di atas adalah perkiraan visualisasi dari pada mimpi Raja Nebukadnezar.  Minpi raja memang sangat jelas, namun tanpa pnafsir mimpi yang hebat, siapapun akan sulit untuk memvisualisasikannya apalagi mengartikannnya dengan tepat.

Adalah Daniel, keturunan Kaun Yehuda yang dijadikan penasehat kerajaan Nebukadnezar yang mampu mengartikannya.  Padahal selain Daniel dan ke-tiga temannya, masih banyak sekali orang pintar, berhikmat atau bahkan ahli nujum yang dipekerjakan raja sebagai penasihat, sayangnya mereka semua tidak mampu menggambarkan apalagi mengartikan mimpi raja tersebut.  Lalu pertanyaanya apakah Daniel merasa bangga, oleh karena menjadi orang terpintar, berhikmat serta bijaksana? Apakah dia juga memanfaatkan “momen” tersebut untuk kepentingan pribadi?

Jakalau kita menjadi orang kepercayaan ataupun menjadi orang paling hebat di suatu kelompok ataup tempat, sudah pasti kita akan memuaskan ego kita, paling tidak sedikit.  Bisa jadi kita meminta perlakuan spesial ataupun imbalan tertentu, atau bisa jadi kita mengakui bahwa memang kitalah yang pantas dipuji!  Daniel tidak bertindak demikian, sebab dia tahu bahwa segala hikmat dibawah kolong langit ini adalan berasal dari Tuhan Allah!  Daniel tetap memuji Tuhan dan memberitahukan pada raja, bahwa Tuhan Allahlah yang mampu mengungkap segala mimpi sang raja, bahkan rahasia – rahasia apapun di bawah kolong langit ini(Daniel 2:28).  Daniel mengampil posisi sebagai pelayan Tuhan Allah yang tidak pantas dipuji ataupun diberiu keistemewaan tertentu.  Sungguh hal tersebut adalah karakter sikap yang harus kita tiru, sebab sehebat, sepintar, secerdik ataupun semampu apapun kita, semuanya berasal dari Tuhan, dan segala puja – puji syukur hanya layak bagi- Nya saja!

Orang paling berhikmat dan berpengetahuan di muka bumi saja mengakui segala kedahsyatan serta kebesaran Tuhan Allah, maskaah kita tidak mengakuinya?

 “Berkatalah Daniel : Terpujilah nama Allah
Dari selama-lamanya sampai selama – lamanya,
Sebab dari pada Dialah hikmat dan kekuatan!
Daniel 2 : 20
GOD Bless u


No comments: