Tuesday, November 10, 2015

(ArBer)Ingin menjadi pahlawan?

Ingin menjadi pahlawan?

Hari ini negeri kita memperingati hari pahlawan.  Hari pahlawan masih berfokus kepada mengingat jasa – jasa pahlawan yang berjuang demi kemerdekaan negeri ini.  Satu hal yang jarang sekali diungkit adalah mencipkan pahlawan – pahlawan baru dibidangnya masing – masing demi kemajuan negeri ini.

Apabila anak kecil diberi pertanyaanya “maukah menjadi seorang pahlawan super? Pasti jawabanya selalu mau.  Sayangnya ketika sudah dewasa ditanyakan lagi hal serupa pasti banyak yang ragu untuk menjawabnya, sebab karena kebanyakan kita sudah menyadari bahwa syarat utama menjadi pahlawan adalah berani dan rela berkorban, apapun jenis pengorbananya.  Bisa jadi harus berkorban harta, waktu atau juga justru hal sederhana seperi mengorbankan kesenangan pribadi atauapun kepuasan pribadi untuk kepentingan orang banyak.

Dari empat kitab yang mencatatkan peristiwa Yesus memberikan makanan bagi lima ribu orang hanya, kitab Yohanes yang menyinggung adanya keterlibatan seorang anak kecil dalam peristiwa tersebut.  Tidak tercatat juga siapa nama anak kecil tersebut, dan juga apakah murid – murid Yesus membeli makanan dari padanya, yang jelas berkat kerelaanya memberikan apa yang dia punya untuk banyak orang maka, pekerjaan Tuhan  boleh dinyatakan dan nama Yesus dipermuliakan jika mengingat peritiwa tersebut.  Sungguh sederhana apa yang dilakukan anak tersebut yaitu mau memberikan segala yang dipunyai kepada Tuhan untuk dimanfaatkan bagi kepentingan banyak orang, namun dengan demikian anak kecil tersebut sudah bisa dikatakan sebagai seorang pahlawan, sebab dia rela berkorban demi kemulian nama Tuhan dan juga kebaikan orang banyak.  Lalu apakah yang bisa kita lakukan untuk menjadi seorang pahlawan? Apakah kita ingin menjadi pahlawan karena bisa dikenal? Atau jutru rela berkorban apapun agar nama Tuhan yang dipermuliakan?

Seseorang bisa menjadi pahlawan besar, itu semua tergantung dari besarnya pengorbanannya yang tidak diketahui banyak orang, namun diketahui oleh Allah Bapa di sorga!

 “Di sini ada seorang anak, yang mempunyai
Lima roti jelai dan dua ikan
Tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?”
Yohanes 6  : 9

GOD Bless u

No comments: