Wednesday, April 13, 2016

(ArBer)Hentikan berpikir negatif!

Hentikan berpikir negatif!

Pemberitaan yang berbau negatif seperti bencana, kriminalitas ataupun kasus pelanggaran hukum lainnya, biasanya selalu mendapatkan porsi paling awal dalam sebuah acara berita.  Sebanarnya hal ini bukanlah masalah, namun kebutukan ataupun yang sering ditayangkan atau diberitakan diberbagai media, lama – kelamaan membuat pola pikir manusia menjadi sangat peka akan kejadian – kejadian buruk tersebut.

Semakin sering kta menyaksikan adegan pencurian ataupun adegan horor pada sebuah film yang kita saksikan, maka akan semakin sering juga kita merasa gelisah ataupun kekuatiran yang sebenarnya tidak perlu.  Otak manusia yang kerap menerima input dari apa yang disaksikan mata, akan membentuk suatu persepsi sendiri terhadap suatu keadaan nyata.  Akhirnya respon yang akan keluar dalam tindakan biasanya juga “berbau” negatif.

Pola pikir manusia biasa beradaptasi secara responsif dari apa yang kita tangkap, namun demikian  bukan berarti pikiran kita tidak bisa kita latih.  Seorang gembala juga tentunya selalu berhadapan dengan berbagai masalah dari umatnya yang berkonsultasi, akan tetapi gembala tetap harus berpikir positif, tenang dan sabar dalam menjalankan pelayananya.  Kuncinya pastilah adalah iman dan juga firman Tuhan, dengan ke – duanya kita bisa melatih pikiran kita agar tetap mengarah ke segala hal yang postif dan juga berkenan di hadapan Tuhan.  Jadi apapun yang ditangkap penglihatan kita, haruslah kita saring didalam pikiran kita! Dan saringlah menurut kebenaran firman Tuhan!

Apapun yang kita lihat memang bisa mempengaruhi pikiran kita, namun pikiran kitalah yang akhirnya bisa mempengaruhi sikap serta perbuatan kita! Jadi pikirkanlah segala hal yang positif!

“Jadi akhirnya, saudara – saudara, semua yang benar, semua yang mulia,
Semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis,
Semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan
Dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu!”
Filip 4 : 8


GOD Bless u

No comments: