Monday, September 12, 2016

(ArBer)Dilarang mengangkut istri orang lain!

Dilarang mengangkut istri orang lain!

Ada – ada saja alasan bagi seorang pria untuk bisa memiliki lebih dari satu.  Ada agama – agama tertentu yang memperbolehkan poligami (mempunyai isteri lebih dari satu), namun tentu dengan berbagai persyaratan khusus, hanya sayangnya persyaratan sesulit apapun selalu bisa “diakali” kaum adam untuk mendapartkan keinginannya terhadap wanita lain selain isterinya.

Sebelum turunnya hukum taurat bagi bangsa israel, sebenarnya bangsa Yahudi tidak mengatur secra khusus tentang suatu perkawinan.  Seseorang diperbolehkan untuk mempunyai lebih dari satu isteri, contohnya adalah Yakub yang mempunyai dua isteri.  Itupun belum ditambah lagi gundik – gundik para isteri tersebut yang dibiarkan “tidur” dengan Yakub dengan alasan untuk emperoleh keturunan.  Setelah bangsa Israel berada di padang gurun, maka Tuhan melalui Musa menurnkan sepuluh perintah Tuhan, yang mengatur agar umat Tuhan mengormati, serta mengasihi Tuhan dan juga sesama.

Apapun alasannya, ingin memiliki segala hal milik orang lain adalah suatu pelanggaran dosa, termasuk ingin memiliki atau mengingini pasangan orang lain.  Oleh karenanya pada ajaran kristiani moderen, pasangan yang sudah siap menikah wajib ikut serta dalam bimbingan pranikah.  Tujuannya agar memantapkan lagi komitmen antar pasangan dan tentunya juga komitmen untuk taat kepada Tuhan.  Tuhan salalu hadir dan menjadi saksi di dalam setiap acara pemberkatan pernikahan, jadi memang pernikahan itu adalah restu dari Tuhan.  Jadi adakah kita masih berani untuk bermain mata dengan isteri orang lain? Sadarkah bahwa itu menghianati pasangan dan tentunya Tuhan kita?

Pada saat kita mengingini segala hal yang bukan milik kita, maka sebenarnya kita sudah tidak mengingini segala hal yang sudah kita miliki!

“Jangan mengingini rumah sesamamu;
Jangan mengingini isterinya,
Atau hambanya laki-laki, atau perempuan
Atau lembunya atau keledainya, atau apapun yang dipunyai sesmamu”
Keluaran 20 : 17

GOD Bless u

No comments: