Thursday, November 17, 2016

(ArBer)Dokter "gila" yang terkenal

Dokter "gila" yang terkenal

Dokter Lie Agustinus Dharmawan, Ph.D, Sp.B, Sp.BTKV, yang bernama Tionghoa Lie Tek Bie adalah seorang ahli kesehatan atau dokter ahli bedah Indonesia. Lahir di Padang, Sumatera Barat, 16 April 1946; umur 70 tahun. Ia adalah pendiri rumah sakit apung (floating hospital) swasta yang pertama di Indonesia. Dibawah Yayasan doctorSHARE, Rumah Sakit Apung (RSA)

Dokter Lie Dharmawan memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma kepada masyarakat di daerah miskin dan terpencil di Indonesia yang tidak terjangkau oleh pelayanan kesehatan secara reguler.  Ia punya impian gila membangun rumah sakit terapung untuk berkeliling Indonesia melayani rakyat miskin di daerah terpencil. Saking nekatnya, Lie sampai menjual rumahnya seharga sekitar Rp350 juta buat membeli kapal seharga Rp. 550 juta yang disulap menjadi rumah sakit terapung empat tahun lalu. Setahun kemudian, pada 2012, Lie bersama sejumlah dokter muda berkeliling Indonesia dan menjalankan misinya.

Setelah melihat apa yang dilakukan sang dokter “gila” tersebut, mungkin kita bisa mengambil satu kesimpulan unik, yaitu bahwa kehidupan manusia tidak selamanya terbatas oleh kepuasan harta materi saja.  Harta materi yang berlimpah mungkin bisa didapatkan dokter tersebut, namun dia memilih melayani orang – orang yang justru tak mungkin bisa membayarnya.  Nama dokter tersebut akhirnya terkenal bukan karena kepintaran, keahlian ataupun kekayaanya, namun dia dikenal oleh akrena kerelaan hatinya dalam melayani dengan tulus.  Lalu adakah diantara kita yang masih mempunyai visi seperti sang doktar? Ataukah kita justru trelibat dalam arus dunia ini yang lebih mengutamakan kelimpahan harta benda, kuasa dan jabatan tinggi?

Banyak sekali orang terkenal dikarenakan kemampuan pribadinya yang dapat menghasilkan banyak prestasi diri sendiri, namun hanya sedikit orang yang terkenal oleh karena kemampuannya dalam memberikan banyak pertolongan kepada sesama.

“Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar
Dikasihi orang lebih baik dari pada
Perak dan emas”
Amsal 22 : 1

GOD Bless u

No comments: