Monday, February 27, 2017

(ArBer)Kasih tidak perlu gengsi!

Kasih tidak perlu gengsi!

Kapan terakhir sebagai seorang bapak, anda menggendong ataupun memluk anakmu? Atau sebaliknya kira – kira kapan terakhir engkau seorang anak menegur dan mengajak bapak anda bercakap – cakap?  Jangankan keluarga, mungkin untuk bercakap – cakap dengan teman saja kita sudah jarang, kita hanya sibuk untuk mengejar rutinitas harian yang tak kunjung selesai, atau bisa jadi kita terlalu gengsi untuk menegur atau menyatakan kasih terlebih dahulu?

Urusan pekerjaan biasanya diserahkan sepenuhnya kepada seorang bapak yang merupakan kepala rumah tangga.  Sedangkan untuk urusan rumah tangga diserahkan kepada seorang ibu.  Akhirnya interaksi anak – anak cenderung lebih banyak dengan ibu mereka.  Semakin lama hubungan antara seorang anak dengan bapak akan semakin jauh, dan jika itu terjadi sebenarnya kehidupan keluarga sebenarnya sudah tidak harmonis lagi.  Kasih antara setiap anggota keluarga harus mengalis secara penuh dan merata, dan bukan hanya terbatas pada bapak dan ibu saja, atau anak dan ibu saja, akan tetapi setiap anggota keluarga di dalamnya harus mencurahkan serta merasakan kasih yang sama.

Kitab Maleakhi juga memaparkan ancaman Tuha kepada keluarga – keluarga yang diambang kehancuran, yaitu digambarkan bahwa bapak – bapak sudah meninggalkan anak – anaknya dan begitu juga sebaliknya.   Oleh karena itu Tuhan menginginkan dan akan meeujudkan kurukunan kembali sebuah keluraga, sebab jika tidak demkian Ia akan memukul bumi sampai musnah.  Hal tersebut tentu bukan karena kebencian kepada ciptaan- Nya, melainkan adalah kebencian- Nya kepada kehidupan yang tidak berlandaskan kasih serta kepedulian antar sesama.  Lalu pertanyaanya adalah, apakah anda sudah merasa agak “jauh” dengan anggota keleuarga anda? Jika iya, maka segeralah dekati mereka dengan penuh kasih dan jangan menunda – nunda lahi!

Apapun yang bisa anda lakukan kepada anggota keluarga anda lakukanlah dengan penuh kasih! Dan tidak perlu merasa gengsi oleh karena peranan masing – masing di dalam keluarga!

“Maka Ia akan membuat hati bapa – bapa berbalik kepada anak-anaknya
Dan hati anak – anak kepada bapa – bapanya
Supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah.”
 Maleakhi 4 : 6


GOD Bless u

No comments: