Thursday, November 16, 2017

(ArBer)Empati anda sangat dibutuhkan.

Empati anda sangat dibutuhkan.

Empati anda pastilah akan “mengalir deras” dari hati menuju pikiran anda, apabila anda melihat orang – orang yang mengemis tersebut adalah diri anda sendiri. Gambar di atas adalah silustrasi dimana seorang akan berempati serta simpati jikalau pengemis yang meminta – minta membawa sebuah cermin.  Saat orang lain melihat pengemis tersebut, maka mereka akan melihat wajah mereka sendiri di cermin tersebut, dan kemudian akan timbullah perasaan empati tersebut.

 Perkembangan jaman membuat kesibukan manusia terus menerus bertambah.  Waktu 24 jam sepertinya kurang sekali di dalam satu hari.  Perkembangan teknologi juga membuat manusia kehilangan waktu – waktu berharga mereka seperti istirahat ataupun bercengkrama dengan sesama.  Jikalau waktu untuk diri sendiri saja sudah tidak ada mana mungkin lagi kita bisa memperhatikan orang di sekitar kita? Meski hanya beberapa menit saja.

Tuhan Yesus bukanlah seorang yang mempunyai banyak waktu luang.  Dia harus mengajar dari satu tempat ke temapat yang lain.  Dia mengambil peran sebagai Rabi atau guru, namun meski demikian Dia juga masih menyempatkan diri menjadi seorang “tabib”.  Beberapa kali Dia tergerak hatinya dan akhirnya mau menyembuhkan, menjamah, berdoa sampai memberikan makan kepda orang – orang disekitar – Nya.  Lalu adakah diantara kita yang mempunyai hati seperti hati Yesus, yang mempunyai empati serta selalu peka terhadap keadaan orang disekitar kita?  Atau kita hanya berhenti saja sampai kepada simpati, namun tidak melakukan perbuatan empati?

Banyak orang yang membutuhkan uluran tangan anda, bantulah mereka, sebelum akhirnya kita yang membutuhkan uluran tangan orang lain!

 “Ketika Yesus mendarat, Ia melihat orang yang besar jumlahnya
Maka tergeraklah hati – Nya oleh belas kasihan
Kepada mereka dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit”
  Matius 14 : 14


GOD Bless u

No comments: