Tuesday, October 23, 2018

(ArBer)Terlihat lurus atau serong?


Terlihat lurus atau serong?
                                         
Sungguh tidak obyektif kiranya apabila kita menilai diri kita dari kacamata sendiri.  Kita butuh penilaian orang lain agar hasil penilaian tersebut obyektif sesuai dengan kenyataan, dan bukan sesuai dengan keinginan kita pribadi.  Semakin kita menutup diri terhadap penilaian orang lain, maka kita akan semakin merasa benar dalam menjalani kehidupa ini, benar begitu?

Raja Daud memiliki banyak talenta khusus yang tidak dimiliki orang biasanya pada bangsa Israel.  Dia terkenal pemberani, tegas, penuh komitmen, handal memiankan alat musik, pandai bermazmur ataupun mengunggah mazmur, disukai banyak orang serta satu yang pasti yaitu hidup sesuai dengan kehendak Tuhan Allah.  Meskipun begitu Daud menyadari bahwa bisa saja ia berjalan serong, oleh karena itu Daud membuka diri, pikiran serta hatinya lebar – lebar agar Tuhan bisa menilainya secara langsung.

Sangat sulit bagi kita unutk mau melakukan apa yang Raja Daud lakukan.  Kita selalu merasa benar, dan kerap mengabaikan Tuhan Allah.  Jangankan mengandalkan Tuhan unutk memeriksa isi pikiran serta hati kita, mengandalkan Tuhan unutk membuat keputusan dalam hidup ini saja kita mungin tidak pernah.  Mulai saat ini tirulah serta teladanilah apa yang raja Daud lakukan.  Mintalah Tuhan menjaga hidup kita dengan membiarkan Tuhan memeriksa, menguji serta mengarahkan hidup kita agar kita jangan “terserong” dari jalan lurus yang telah Tuhan Allah sediakan dalam hidup kita!

Bagaimana anda mengetahui apakah anda melangkah lurus atau serong? Jikalau dihadapan anda adalah padang pasir?  Jika mengandalkan diri anda, akan sulit mengetahui apakah sedang berjalan lurus atau serong! jadi andalkanlah selalu Tuhan!

“Selidikilah aku, ya Allah, dan kenalilah hatiku
Ujilah aku dan kenalilah pikiran – pikiranku;
Lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku
Di jalan yang kekal”
                                                        Mazmur 139 : 23 - 24
GOD Bless u

No comments: