Wednesday, May 1, 2019

(ArBer)Antara Hak dan Kewajiban


Antara Hak dan Kewajiban

Setiap tanggal 1 Mei kita memperingati hari buruh.  Maksudnya hari perayaan unutk para buruh ataupun pekerja.  Setiap tahun tentu ada tuntutan – tuntutan yang disampaikan oleh para pekerja tersebut, dan biasanya adalah tuntutan perbikan ataupun kenaikan tunjungan dan upah.

Sebelum kita melihat pihak mana yang harus disalahkan oleh karena demo buruh selalu terjadi di tanggal ini,alangkah baiknya kita juga melakukan intropeksi diri.  Jikalau kita adalah tuan ataupun mereka yang memperkerjakan karyawan, apakah kita sudah melaksankan tanggung jawab kita untuk memenuhi hak mereka? Ataukah jikalau kita sebagai pekerja, kita juga sudah melakukan tugas serta tanggung jawab kita dengan benar sebelum menuntut hak kita?

Semua pihak harus bersinergi oleh karena semuanya saling bergantungan.  Kita tidak bisa menilai siapa yang benar ataupun siapa yang salah, yang jelas segala hal bisa diselesaikan dengan baik.  Satu yang pasti adalah komitmen para pihak untuk benar – benar mewujudkan segala kewajibannya terlebih dahulu sebelum menuntut lebih hak mereka.  Ingatlah satu hal bahwa upah bukalan imbalan dari segela pekerjaan, namun bayaran dari segala kewajiban yang sudah dikerjakan dengan baik.  Jadi semuanya wajib melekasanakan kewajiban masing – masing sebelum menuntut hak!

Sebelum saling melempar tanggung jawab serta tuduhan, alangkah baiknya penuhi dahulu segala tanggung jawab pribadi kita terlebih dahulu!

“Kalau ada orang yang bekerja,
Upahnya tidak diperhitungkan sebagai hadiah
Tetapi sebagai haknya”
                                                                       Roma 4 : 4
GOD Bless u

No comments: