Tuesday, March 28, 2023

(ArBer)Demi orang yang berpuasa

 


Demi orang yang berpuasa

 

Gambar di atas adalah cerita gurauan saja dan bukan kejadian sesungguhnya.  Meskipun hanya guraun semata, namun tetap saja hal tersebut adalah kritikan pedas kepada mereka yang berpuasa, namun juga sengaja memarkan kegiatan ibadahnya dan bahkan menutut orang lain untuk “memaklumi” keadaanya.

Penutupan rumah makan sebenarnya tidak perlu terjadi apabila mereka yang berpuasa bisa mengandalikan diri.  Lagipula godaan orang yang berpuasa bukan hanya datang dari makanan saja, tapi terlebih dari banyaknya waktu yang terbuang sia – sia dan tidak dipakai untuk lebih dekat dengan Tuhan.  Yesus sendiri menegur banyak pemuka agama yang menjalankan puasanya agar mendapat sanjungan dari pihak lain.  Mereka sengaja memberitahu khalayak ramai apabila mereka sedang berpuasa.

Yesus menyarankan agar mereka yang berpuasa harus bisa beradaptasi dengan keadaan sekitarnya, sehingga sampai – sampai orang sekitarnya tidak tahu apabila ia sedang berpuasa.  Dengan demikian upah yang besar dari Tuhan Allah sudah menunggunya.  Jadi apabila saat ini kita berpuasa menyambut kematian dan juga hari kebangkitan- Nya, maka janganlah bermuka muram, ngantuk ataupun terlihat lemas!  Tetaplah bersemangat dan tetaplah beraktivitas.

Kita berpuasa bukan demi dipandang manusia namun demi dipandang Tuhan! jadi penilaian Tuhanlah yang terpenting dan bukan manusia.

“Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu

Seperti orang munafik.  Mereka mengubah air mukanya

Supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa

Aku berkata kepadamu;  Sesungguhnya mereka sudah

Mendapatkan upahnya”

Matius 6 : 16

God Bless You

No comments: