Thursday, September 28, 2023

(ArBer)Satu lawan seratus

 


Satu lawan seratus

 

Gambar di atas adalah gambar yang diambil dari salah satu Game Show di negeri paman Sam.  Permainan yang ditayangkan secara lansung di stasiun televisi tersebut, adalah permainan antara seseorang kontestan melawan 100 orang lainnya.  Hadah akan diberikan apabila seseorang tersebut berhasil mengalahkan  100 orang lainnya.

Pada pidato perpisahan Yosua, beliau mengingatkan bahwa bangsa Israel juga adalah bangsa yang ditakuti oleh musuh – musuhnya.  Sebab dengan 1 orang terntara Israel saja mamu pemngalahkan 1000 orang tentara musuh.  Akan tetapi kalimatnya tersebut tidak berhenti begitu saja, sebab ada kelanjutannya yaitu bahwa “sebab Tuhan Allahlah yang berperang untuk mereka”.  Jadi bukan oleh karena kehebatan orang Israel tersebut, namun siapa yang berperang untuk mereka.

Yosua sedang tidak membicarakan kehebatan dari bangsa yang dipimpimnya ke tanah Kanaan, namun membicarakan Tuhan Allah yang menyertai bangsa tersebut.  Yosua mengingatkan bahwa tangan Tuhanlah yang menyertai mereka dan begitu kuat berperang demi mereka.  Intinya Yosua ingin bangsa tersebut tidak melupakan apa yang telah Tuhan lakukan untuk mereka!  Dan agar bangsa itu juga sadar, bahwa apapun yang telah mereka raih, semata – mata itu adalah campur tangan dari Tuhan Allah!

Dalam hidup ini,munhkin kita sudah mengalahkan beribu – ribu permasalahan yang menghadang kita! Namun ingatlah itu bukan semata – mata karena kehebatan kita, sebab Tuhanlah yang berperang bagi kita!

 

“Satu orang saja dari pada kamu

Dapat mengejar seribu orang

Sebab TUHAN Allahmu, yang berperang bagi kamu

Seperti yang dijanjikan- Nya kepadamu”

Yosua  23  : 10

God Bless You

No comments: