Wednesday, November 19, 2008



Artikel berkat (Arber)

Edisi : Kesabaran

Terkadang ketidak sabaran dapat membawa sisi positif. Alkisah asa Seseorang yang tidak sabar berdoa kepada Yesus agar dia diberi kebasaran hati dan bisa bersabar. Hampir setiap hari doanya selalu seperti itu, dia sadar bahwa dia adalah seorang yang pemarah, cepat menuduh, dan selalu mengambil keputusan tanpa kompromi. Setelah banyak berdoa, lalu kenyataan yang didapatkannya ternyata berbeda dengan doa yang selalu dipanjatkannya. Hari demi hari dia malah makin banyak bertemu dengan orang – orang yang membuatnya kesal. Lalu dia mencoba merenungkan sikap dan tindakan orang – orang sekitarnya, akhirnya dia mengambil kesimpulan sebagian besar sikap orang – orang sekitarnya yang membuatnya kesal adalah ketidak sabaran.

Ketidak sabaran membuat dia harus bekerja cepat, hal tersebut tentu saja lambat laun akan mengurangi kualitas dari segala yang dikerjakannya. Ada juga mereka yang cepat menuduh serta selalu ingin cepat bila memutuskan sesuatu hal, selalu mengutamakan solusi tanpa antisipasi, selalu bekerja tanpa perencanaan yang penting cepat keluar hasilnya setelah itu baru ambil solusi jika terjadi kesalaahan atau kekurangan.

Perlahan dia pun mulai sadar bahwa orang – orang sekitarnya adalah orang yang tidak sabaran, padahal justru kesabaran tidak menunda waktu, tapi malah akan membuat sempurna pada saat yang tepat. Bagaikan seseorang yang ingin mengetahui kualitas pupuk yang diberikan pada pohon yang ditanamnya, sebelum buah dari pohonya matang, buah itu sudah dipetik untuk mengetahui apakagh buah tersebut enak atau tidak, jika tidak mereka bisa mengganti pupuk tanaman tersebut dengan yang lainnya, karena semakin cepat mengetahui pupuk yang baik, maka akan lebih cepat juga baginya mendapatkan hasil buah yang baik untuk diperjualkan. Motede tersebut tidaklah benar, karena jika buahnya saja belum matang bagaimana mungkin dapat mengambil kesimpulan kalau pupuknya salah sehingga hasil buahnya tidak enak. Butuh kesabaran untuk mendapatkan suatu hasil yang baik. 

Akhirnya dia berdoa kepada Yesus dan mengucap syukur, karena telah menempatkan orang – orang yang tidak sabar disekitarnya sehingga dia bisa melihat dampak buruk ketidak sabaran, serta dapat belajar sesuatui untuk dapat menghadapi mereka yang tidak sabar, yaitu dengan kesabaran dalam memberikan pengertian dan nasihat.

”orang yang sabar besar pengertianya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan”
Amsal 14:29 

God Bless You

No comments: