Wednesday, February 25, 2009

(ArBer) Siapakah saudara mu?


Siapa saudara mu?


Setiap hari kita bertemu sekali banyak orang, namun tidak semua orang yang kita temui berinteraksi bersama kita. Biasanya kita berinteraksi dengan orang yang kita kenal, sedangkan dengan orang – orang yang tidak kita kenal, biasanya kita hanya cuek saja. Kita cenderung tidak perdulu, bahkan kita jarang sekali tersenyum kepada rang lain, apalagi mengajak mereka bicara. Manusia dikatakan makluk sosial karena membutuhkan manusia lainnya dalam menjalankan kehidupannya.


Sebenarnya kita tidak terlalu sosial, karena sebenarnya kita membutuhkan orang lain oleh karena justru untuk memuasakan egois kita sendiri. Pada saat kita ingin minta tolong pastilah ada sesuatu yang ingin kita harapkan dari orang lain agar keinginan kita tercapai. Jarang sekali kita berinteraksi dengan orang lain yang tidak kita kenal, jika kita tidak membutuhkan pertolongan dari mereka. Manusia juga cenderung hidup berkelompok. Idealnya jika kita sudah merasa aman dan nyaman dengan beberapa orang disamping kita(bisa teman, sahabat, pacar atau saudara), maka kita agak tertutup terhadap orang lain serta mulai tidak memikirkan orang lain selain mereka yang dekat dengan kita.


Tuhan Yesus pernah ditanya tentang siapa saudara – Nya. Walaupun sebenarnya Dia sangat mengasihi saudara dan keluarga – Nya, namun Dia justru memilih mengingatkan kita bahwa orang – orang sekitar kita juga adalah saudara – saudara kita.(Markus 3:30-35) Kita dapat mengambil pelajaran dari Yesus, dengan hidup penuh kasih, bukan saja terhadap orang yang kita kenal tetapi juga mereka yang tidak kita kenal, atau bahkan mereka yang kita kenal namun kita membencinya, karena sebenarnya mereka juga saudara kita. Ingatlah bahwa Yesus rela mati bukan saja untuk kita yang mengasihi – Nya bahkan buat semua umat manusia termasuk mereka yang berdosa bahkan membencinya.


Mulailah berinteraksi dengan orang yang belum kita kenal dengan senyuman, karena senyuman adalah bentuk kasih terbesar kita terhadap orang yang belum kita kenal.


“Barangsiapa melakukan kehendak Allah,

dialah saudara - Ku laki – laki,

dialah saudara – Ku perempuan,

dialah ibu – Ku.”

Markus 3:35

GOD Bless u

No comments: