Thursday, April 23, 2009

(ArBer) Tumbuh sebesar mungkin


Tumbuh sebesar mungkin


Setiap makhluk hidup pastilah bertumbuh. Pertumbuhan selalu berhubungan dengan sturuktur tubuh atau organ masing – masing secara proporsional sesuai dengan habitatnya. Belum pernah ditemukan tikus yang hidup di gorong – gorong got yang bertumbuh sebesar singa atau setinggi jerapah. Memang tidak dapat disangkal ada kejadian – kejadian tertentu yang bisa menyebabkan perubahan bentuk yang melebihi bentuk semestinya, namun biasanya hal tersebut adalah kejadian langka.


Pertumbuhan manusia secara biologis memang sama dengan makhluk lainya di dunia ini. Hanya pertumbuhan dalam segi akal dan budi yang berbeda dengan makhluklainnya. Manusia dikarunia tata rasa dan tata pikir. Tata pikir terletak pada otak yang berfungsi sebagai pusat perintah dan penggerak organ tubuh lainnya, sedangkan tata rasa ada dalam hati kita sebagi pusat emosi yang mempengaruhi segala tingkah laku kita. Pertumbuhan tersebut haruslah terus dipupuk. Pertumbuhan keduanya akan membawa kita menjadi menusia yang penuh dengan kebijakan dan selanjutnya membawa kita hidup dengan tingkat pengertian yang sempurna. Apabila kita mengalami masalah kita akan lebih bersabar karena perasaan yang terkendali akhirnya membuat pikiran kita terlatih untuk memilih apa yang baik dan tidak baik.


Pertumbuhan Iman juga sama halnya dengan pertumbuhan akal budi. Pertumbuhan iman akan membuat perasaan kita lebih sensetif terhadap hal baik maupun buruk dan kemudian akan memimpin kita pada pemikiran – pemikiran yang dipenuhi oleh kasih Tuhan. Pertumbuhan iman tidak ada batasnya, setiap hari kita wajib memupuknya dengan hal – hal rohani seperti berdoa, membaca firmannya, merenungkan dan melakukan perintah – Nya. Semakin besar pertumbuhan “batang pohon” iman kita maka akan semakin besar kuat juga kita bertahan dari badai – badai kehidupan.

"Tetapi bertumbulah dalam kasih karunia dan

dalam pengenalan akan

Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus

Bagi-Nya kemulian, sekarang dan

Sampai selama-lamanya"
II Petrus 3:18


GOD Bless u

No comments: