Monday, April 27, 2009

(Arber)Mana yang Asli



Mana yang Asli?


Dua anak kembar identik memang sulit dibedakan dari sudut fisiknya. Orang tua mereka juga sering membrikan pakaian yang sama, dan hal tersebut makin membuat orang lain selain keluarga yang bisa membedakan mana sang kakak dan mana sang adik. Biasanya mereka hanya bisa dibedakan dari sifat dan prilaku mereka kesehariannya.

Pada hari sabat saat semua jemaat beibadah dalam Gereja, semua juga kelihatanya sama. Semua bernyanyi bersama, bertepuk tangan dan berdoa bersama. Satu hal yang mungkin membedakannya adalah dalam hal motivasi mereka untuk datang ke Gereja. Ada anak - anak muda yang datang ke Gereja hanya karena bisa bertemu dengan teman - temanya, atau ada juga kaum dewasa justru yang sengaja datang ke gereja untuk mencari pelanggan baru untuk usahanya. Tidak mau kalah, terkadang ada juga kaum ibu sengaja datang ke Gereja agar pada saat pulang dan bertemu dengan Ibu - Ibu lainnya mereka bisa bergosip ria.

Memang sulit dibedakan karena motivasi kita tidak mudah "dibaca" orang lain. Sebenarnya Tuhan maha tahu, dia mengetahui apa alasan utama kita datang ke Gereja, apakah itu sebagai cara kita bersosialisasi dengan sesama kita dilingkungan Gereja, atau justru benar - benar datang untuk menghadap hadirat - Nya. Jika kita sadar atas apa yang kita butuhkan seharusnya kita datang ke Gereja dengan kerinduan kepada - Nya yang datangnya asli dari hati kita terdalam. Kita memang membutuhkan sosialisai antara sesama kita apalagi saudara seiman, namun sebaiknya prioritas utama kita tidak tergantikan oleh hal tersebut. Gereja memang terbuka untuk semua orang yang ingin datang, namun Tuhan benar - benar memeriksa setiap hati orang yang datang ke rumah-Nya. Jika kita diwajibkan untuk mengkuduskan hari sabat itu berarti kita juga wajib mengkuduskan pikiran kita pada saat ibadah di hari sabat.

Pada saat orang berbondong - bondong masuk kedalam Gereja setelah mendengar bunyi lonceng semua orang terlihat sama. namun pada saat kebaktian selesai barulah terlihat mana yang benar - benar asli datang untuk menemui Tuhan di Gereja.

"Janganlah kamu biarkan kemenanganmu
digagalkan oleh orang yang pura - pura
......dan tampa alasan mebesar - besarkan
diri oleh pikrannya yang duniawi"
Kolese 2:18

GOD Bless u


No comments: