Thursday, May 7, 2009

(ArBer) Menaklukan Ombak


Menaklukan Ombak

Bagi para penggila olah raga selancar, ombak adalah sebuah tantangan. Mungkin bagi sebagian orang ombak cukup menakutkan karena arusnya yang kuat mampu menari kita ke lautan atau menghempaskan kita kepantai dengan keras. Lain halnya bagi para peselancar, mereka justru menghadang maut, serta mempermainkan keberuntungan mereka. Namun satu hal yang pasti mereka tidak mungkin maju begitu saj ke tengah lautan untuk memepertahankan nyawa mereka. Para peselancar adalah mereka yang terlatih bahkan sangat ahli dalam mengendalikan papan selancar untuk menyisir ombak - ombak besar.

"Ombak - ombak" besar dalam kehidupan juga terkadang juga membuat kita gentar. Walaupun kita adalah seorang kristiani hal tersebut tidak akan membuat banyak perubahan jika iman kita menjadi lemah. Seperti para atlet selancar yang selalu berlatih untuk membelah ombak, kita juga harus terus berlatih dalammenghadapi cobaan - cobaan hidup yang terkadang datang lebih cepat dan bahkan lebih besar kekuatannya dari perkiraan kita. Cara berlatih yang efektif adalah biasakan diri berserah dan tidak panik. Rasa syukur kita yang dilengkapi dengan penuh ketenangan akan membuat iman kita justru tegar pada saat "ombak"tersebut datang menerjang.

Rasa syukur pada saat kita mengalami cobaan menunjukkan bahwa kita merasa bangga karena Bapa di sorga memerhatikan kita dan tentunya ada maksud lain dari - Nya sehingga kita mengalami cobaan hidup. Sedangkan ketenangan menunjukkan bahwa kita selalu percaya terhadap Tuhan yang selalu kita imani setiap janji-Nya. Setelah terbiasa kita menghadapi banyak "ombak - ombak" kecil dalam kehidupan kita maka selanjutnya kita akan mengerti akan kehendak - Nya dan siap menghadapi "ombak" yang lebih besar.

Seorang atlet selancar yang terlatih bersemangat ketika melihat angin kencang yang disertai ombak yang besar di tengah laut. Seorang kristiani juga seharusnya bersemangat untuk mencari tahu kehendak Tuhan pada saat dirinya mengahadapi pencobaan serta ujianbesar yang datang menghadang.
"Sebab itu janganlah kamu bodoh
tetapi usahakanlah supaya kamu
mengerti kehendak Tuhan
"
Efesus 5 :17

GOD bless u

No comments: