Thursday, July 2, 2009

(ArBer) Senjata makan tuan


Senjata makan tuan

Gambar diatas adalah sebuah gambar ilusi. Ada hal unik yang dapat diambil dari gambar tersebut yaitu, gambar yang kita ciptakan bisa saja justru mencelakakan kita. Setiap hari kita banyak berkomunikasi dengan banyak orang, jika kita tidak menggunakan lidah kita untuk mengeluarkan kata - kata yang kurang baik, maka bisa jadi kita sendiri yang justru akan merasakan hal buruk tersebut. Misalnya kita terlalu sering membicarkan orang lain dan selalu ingin mengkomentari sikap serta tindakan orang lain, maka cepat atau lambat kta sendiri akan di "cap" sebagai si tukang gosip.

Kata-kata bijak serta harapan-harapan yang positif akan membangun keimanan serta memberi pengaharapan bagi kita disaat kita jutuh dalam pencobaan. Sedangkan kata - kata negatif justru bisa saja membuat kita hidup dalam dosa pada saat kita ingin menjadi terang dunia. Kewajiban kita sebagai anak - anak Allah adalah menjadi terang. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya dengan memberikan perhatian bagi saudara - saudara seiman kita. Akan tetapi perhatian yang terlalu berlebihan akan kebiasaan buruk mereka tanpa menasehati atau memberikan solusi nyata, maka hal tersebut sama sekali tidak bermanfaat.

Carilah waktu yang tepat untuk berbicara 4 mata dengan saudara seiman kita. Mungkin kebiasaan nya memang buruk tetapi belum tentu jiwanya juga seperti itu, oleh karenanya kita sebagai orang - orang beriman harus menyadarkannya dan bukan sibuk membicarakan keburukanya. Berdoalah kepada-Nya untuk meminta hikmatnya dalam menggunakan lidah kita atau seluruh berkat kelebihan yang ada pada diri kita agar dapat kita gunakan sebaik-baiknya untuk kebaikan sesama serta demi kemulian nama-Nya. Hati-hatlah dalam berkata-kata jangan sampai kata-kata tersebut sia -sia seta menjadi senjata makan tuan bagi diri kita sendiri.

"Karena makin banyak kata-kata,
makin banyak kesia-siaan.
Apakah faedahnya untuk manusia?"
Pengkotbah 6:11

GOD Bless u

No comments: