Wednesday, August 26, 2009

(ArBer) Berdoa sebelum makan.


Berdoa sebelum makan.


Suatu hari ada seorang misionaris yang tersesat di hutan. Setelah berputar-putar selama beberapa jam untuk mencari jalan keluar akhirnya dia kelelahan juga. Baru beberapa saat dia duduk, bahaya besar datang mengancam. Seekor beruang yang kelaparan muncul dan langsung mengejarnya. Sisa-sisa tenaganya hanya mampu membawanya berlari puluhan meter saja. Akhirnya diapun menyerah dan pasrah menunggu ajalnya. Kemudian dia berdoa sambul menungu malaikat menjemput jiwanya. Beberapa menit berlalu dia masih bisa merasakan keringatnya mengucr dari tubuhnya, kemudia dia pun berdoa lebih bersungguh-sungguh lagi meminta pengampunan dari Tuhan atas dosa-dosanya selama dia hidup. Puluhan menit berlalu dia masih bisa merasakan hembusan angin, karena curiga dengan keberadaan binatang buas itu, kemudian dia memberanikan diri untk membuka matanya. Setelah matanya terbuka, dia melihat ternyata sang beruang juga sedang berdoa. Kemudian dia mengucap syukur kepada Tuhan, dan mengira berkat sikapnya yang sedang berdoa, akhirnya sang beruangpun ikut berdoa. Akan tetapi sesaat kenudian si beruang membuka matanya dan berkata “aku tidak mengikutimu berdoa, tetapi sejak kecil orang tuaku selalu mengajarkan berdoa dahulu sebelum makan…..”


Sebagai umat kristiani mungkin terkadang kita jarang berdoa pada saat makan, atau lebih buruk lagi hanya berdoa pada saat makan. Tuhan memang tidak mengatur secara khusus waktu-waktu yang harus kita sediakan untuk berdoa. Kita dibebaskan untuk berdoa kapan saja sesuai dengan kehendak kita. Kenyataan yang terjadi tidak adanya atran khusus berdoa, malah membuat kita hanya berdoa di saat-saat tertentu.


Berdoa adalah bentuk komunikasi kita dengan Tuhan. Bukan saja pada saat kita ingin meminta pertolongan, saat bahagia kita juga perlu bersyukur dengan berdoa kepada-Nya, bahkan disaat kita ingin mulai melakukan rutinitas sehari-hari. Jika kita ingin hidup selalu dalam perlindungan-Nya, maka jangan hanya berdoa pada saat kita makan, karana bukan hanya disaat makan kita memerlukan Penyertaan-Nya. Berdoalah disetiap waktu jika ingin selalu mendapat penyertaan Tuhan!


“Dalam segala doa dan permohonan

Berdoalah setiap waktu

Di dalam Roh….”

Efesus 6:18


GOD Bless u

No comments: