Tuesday, August 25, 2009

(ArBer) Melayang sampai lupa daratan


Melayang sampai lupa daratan


Setiap orang tentunya senang dipuji, apalagi manusia itu adalah seorang wanita. Wanita sangat senang untuk dipuji, sedangkan pria cenderung suka mengeluarkan kata-kata pujian yang manis bagaikan madu. “Rambutmu sangat bagus, pakaianmu sungguh pas dengan badanmu, hari ini kau cantik seperti seorang puteri”. Siapapun wanita yang mendengar kata-kata tersebut pastilah akan merasa senang, bahkan bisa jadi kata-kata pujian tersebu akan membuatnya terbang melayang.


Pujian sangat diperlukan untuk meningkatkan percaya diri seseorang, namun jika pujian tersebut berlebihan, bisa jadi kita malah menjeremuskan orang tersebut ke dalam kesombongan. Pujian dapat membuat seseorang menjadi “melayang”, lalu jiaka sudah melayang, pastinya dia akan memandang rendah orang lain. Bibit dosapun akan cepat bertumbuh pada saat diri kita mulai sombong. Jangankan pendapat orang lain, mungkin pendapat orang terdekat kitapun, tak akan kita dengarkan disaat kita merasa paling hebat. Kita harus mengembalikan segala pujian kepada Tuhan, karena sehebat, sepintar ataupun secantik apapun itu semua adalah anugrah Tuhan. Hanya Dialah yang patut dipuji dan menerima segala puji-pujian.


Biasakanlah diri untuk berhat-hati dalam memberikan pujian, karena bagi mereka yang tak bermental kuat, pujian justru akan membuat mereka lupa “daratan”. Kemudian bagi kita yang sering menerima pujian, ingatlah akan satu hal bahwa setiap pujian yang ditujukan kepada kita adalah utang kita dalam memuji Tuhan.


“Tidak baik makan banyak madu;

sebab itu biarlah

jarang kata-kata pujianmu”

Amsal 25:27


GOD Bless u

No comments: