Tuesday, August 11, 2009

(ArBer) Buka dulu topengmu!!!


Buka dulu topengmu!!!


“Tapi buka dulu topengmu…buka dulu topengmu…biar kulihat warnamu…biar kulihat warnamu…”, kata – kata tersebut terdapat sebuah lirik lagu yang dinyanyikan band “peter pan”. Kata-katanya emang cukup sederhana, namun sangat dalam sekali arti dari kata-kata tersebut.


Hampir setiap manusia terbiasa untuk memakai “topeng”. Biasanya seseorang merasa bangga jika kepribadianya sulit untuk di tebak. Lebih parah lagi manusia memakai “topeng” justru untuk kepentingan – kepentingan tertentu(munafik). Sebagai contoh, Sebut saja pak.Andi yang sudah lama menjadi jemaat suatu gereja. Bukan saja menjadi jemaat, jika ada waktu dia juga mengikuti hampir setiap kegiatan komisi dalam Gereja. Pak Andi memang mempunyai usaha pembuatan kue, dengan usahanya dia membuka peluang bagi jemaat lain yang belum bekerja untuk bekerja pada perusahaanya. Sejenak memang terlihat sangat mulia sekali tindakannya, namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Walaupun terkenal ramah pada setiap jemaat lain dalam gereja, sifatnya sangat berbeda dalam memperlakukan para karyawannya. Hampir dua bulan sekali selalu terjadi pergantian karyawan, dan menurut mereka(karyawan) siatnya sangat diktator dalam memperlakukan karyawannya. Pernah mantan karyawannya yang juga sesama jemaat, meminta gembala gereja untuk menegur beliau agar memperlakukan karyawan lebih baik, akan tetapi teguran tersebut malah di jawab dengan enteng “karyawan saya bebas saya perlakukan sepeti apapun karena mereka bekerja untuk saya, sedangkan di gereja saya hanya berusaha ramah, karena bisa jadi mereka menjadi konsumen usaha saya”


Sangat ironis jika kita hanya berpura – pura untuk kepentingan bisnis saja. Setiap pekerjaan memang menuntut profesionalisme, namun bukan berarti kita memprioritaskan kepentingan pekerjaan dengan memekai “topeng” kasih. Memang tidak semua orang bisa mengetahui sifat dan karakter kita dibalik suatu topeng, namun tentu saja Tuhan mengetahuinya. Janganlah hidup sepertiorang-orang farisi yang terlihat suci, namun sebenarnya jauh dari hal tersebut. Mulai hari ini berdoalah agar kita mengasihi dan melakukan sesuatu kepada orang lain dengan sepenuh hati dan bukan dengan maksud tertentu alias memakai topeng(munafik)!!!


“Celakalah kamu….

….disebelah luar tampaknya benar di mata orang

tetapi disebelah dalam

kamu penuh dengan kemunafikan dan kedurjanaan”

Matius 23 : 27-28


GOD Bless u

No comments: