Saturday, August 1, 2009

(ArBer) Diperlukan, bukan ketergantungan.


Diperlukan, bukan ketergantungan.


Perkembangan teknologi saat ini sudah sampai pada puncak peradaban. Segala umur dapat dan sangat memerlukan alat-alat berteknologi tinggi. Indonesia sebagai salah satu Negara berkembang saat ini menjadi “surga” bagi produsen – produsen alat-alat/barang-barang berteknologi tinggi. Dari sisi perkembangan ilmu pengetahuan mungkin hal tersebut mungkin cukup baik, namun jika dilihat dari sisi ketergantungan maka sadar ataupun tidak teknologi sudah menjadi kebuthan primer. Lalu bagaimana dampak kemajuan teknologi bagi perkembangan Gereja di Indonesia?


Menggunakan barang-barang berteknologi tinggi demi kebutuhan jemaat dan penyebaran Injil adalah sebuah keharusan. Gereja diharapkan bisa mengikuti perkembangan jaman, bukan saja dari segi cara – cara beadaptasi dengan jemaat, namun juga dari segi pemanfaatan alat-alat teknologi demi kebutuhan jemaat. Contoh konkretmya adalah penggunaan komputer. Komputer saat ini memiliki peran sentral dalam rumah Tuhan, karena selain untuk menampung data jemaat, komputer juga banyak berfungsi untuk kegiatan ibadah.


Kita tidak usah menghindari dan tertutup dengan perkembangan teknologi, namun hal terpenting ialah jangan sampai perkembangan teknologi menguasai kita, sehingga kita menjadi ketergantungan. Ibadah kita bukan bergantung pada seberapa besar gedung ataupun teknologi yang membuat suasana dalam gereja sangat nyaman dan kerasan untuk menjalani ibadah. Jika hal itu sudah terjadi, maka lambat laun iman kitapun akan tergantung pada barang-barang tersebut.


Barang-barang seperti komputer, Ac, proyektor atau speaker memang sangat diperlukan dalam mendukung kegiatan badah, namun bukan berarti tanpa barang – barang tersebut kita jadi malas beribadah. Esesnsi dari ibadah adalah kerinduan kita akan kehadiran-Nya dan bukan siuasi dan kondisi yang nyaman, oleh karenanya jangalnlah kita ketergantungan pada segala ciptaan manusia, melainkan memanfaatkanya serta tetap bergantung pada kuasa Tuhan.

“Supaya iman kamu jangan bergantung

pada hikmat manusia,

tetapi pada kekuatan Allah”

1 Korintus 2:5

GOD Bless u

No comments: