Monday, August 17, 2009



“Sekali Merdeka tetap Merdeka”, yakin?


Tanpa bermaksud menjelekkan lirik dalam lagu “hari kemerdekaan”, tetapi kalimat “Sekali Merdeka tetap Merdeka” harus dikaji lebih mendalam kebenarannya. Medeka berarti bebas dari belenggu, tekanan, ataupun penjajahan. Namun kemudian pertanyaannya adalah apakah benar, jika sekali merdeka kita akan terus merdeka?

Dilihat dari sudut pandang penjajahan fisik mungkin bisa dikatakan Indonesia sudah bebas dari penjajahan. Hal tersebut juga harus sedikit dipaksakan, karena kita sama – sama mengetahui bahwa Indonesia masih sempat beberapa kali mendapat serangan dari bangsa asing(Agresi militer 1, ke 2 dll). Sednagkan dari berbagai sudut lainnya seperti masalah sosial, moralitas, ataupun belenggu kebodohan kita masih jauh dari kata merdeka.


Sekali Merdeka kita belum tentu bebas dari penjajahan, karena kan selalu ada godaan, dan gangguan yang menyerang. Jika kita memang merdeka secara fisik atau katakanlah bebas dari peperangan, maka pastilah “penjajah” berikutnya yang akan menyerang kita bukanlah jajahan secara fisik lagi. Saat ini Indonesia justru menghadapi banyak masalah moralitas kaum muda, perang berbau S.A.R.A, sampai pada perang melawan keinginan egoisme pribadi untuk memperkaya diri sendiri dengan memanfaatka segala potensi alam Indonesia. Masalah – masalah itu juga akahirnya yang menjadi penjajah – pnjajah kasat mata yang tentunya lebih suli dihadapi dibandingkan penjajahan langsung secara fisik. Bukan saja menjajah, tapi lambat laun kita justru sudah menjadi hamba dari segala permasalahan- permasalahan tersebut.


Sudah menjadi tanggung jawab kita semua untuk mengisi kemerdekaan yang telah di raih para pahlawan perjuangan dengan terus memerdekakan diri sendiri. Berdoalah senantiasa, agar kita sebagai umat kristiani di Indonesia bisa memberikan sumbangsih kita untuk Negara tercinta kita. Hal kecil saja seperti membebaskan diri kita dari perbudakan dosa, akan membawa perubahan besar bagi bangsa ini, karena apa yang kita lakukan bisa menjadi cermin positif bangsa Indonesia yang kuat serta mampu merdeka dari segala jenis penjajahan. Teruslah berjuang untuk mendapatkan KEMERDEKAAN sejati!!!


“Supaya kita sungguh-sungguh merdeka

Kristus telah mendapatkan kita.

Karena itu berdirilah teguh

Dan jangan mau lagi dikenakan

Kuk perhambaan”

Galatia 5:1

GOD Bless u

No comments: