Friday, September 18, 2009


Wajib mudik.


Hari raya Idul Fitri yang dirayakan kepercayaan agama Islam menyimpan makna khusus bagi warga Indonesia yang memeluknya. Salah satu makna khusus yang unik adalah, budaya mudik bagi para penganutnya. Setiap menjalang hari raya tersebut, banyak sekali mereka yang mencari nafkah di kota-kota besar berlomba-lomba “mengejar” sarana transportasi untuk bertemu sanak keluarga mereka di kampung halaman. Hampir setahun mereka meninggalkan sanak saudara di kampung halaman mereka, maka pada hari raya mereka berjuang untuk berkumpul dan merayakan hari raya bersama-sama.


Tradisi mudik memang tidak lazim kita lakukan pada saat kita orang-orang percaya merayakan hari paskah ataupun natal, akan tetapi kita bisa mempraktekkanya setiap hari. Esensi dari mudik ialah berkumpul bersama dengan sanak keluarga tercinta. Pertanyaannya adalah kapan kita terakhir menghabiskan aktu bersama dengan anggota keluarga kita?


Orang tua sibuk, anak- anak juga tidak kalah sibuknya itulah gambaran keluarga modern yang hidup untuk mengejar waktu. Bangun pagi sudah diseibukkan dengan berbagai kegiatan, orang tua bekerja, anak2 bersekolah ataupun kuliah. Anak-anak sampai di rumah, orang tua belum pulang, sedangkan orang tua tiba di rumah, anak-anak sudah tidur. Jika kejadian tersebut terus berulang-ulang setiap hari, maka berhati-hatilah agar tidak terjadi perpecahan dalam keluarga.


Kebutuhan kasih yang tidak terpenuhi adalah sumber dari berbagai masalah, oleh karenanya penuhilah kasih didlam keluarga kita. Tidak perlu menunggu hari raya untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersamakeluarga, tetapi lakukanlah kapanpunkita bisa, karena kebahagian yang kita pancarkan kepada orang lain selalu berawal dari kebahagan yang kita serap dari anggota keluarga.


Wajibkanlah mudik setiap waktu selama ada waktu!


“Kemudian berkatalah Yusuf

kepada saudara-saudaranya

dan kepada keluarga ayahnya itu

……..

Saudara-saudaraku dan keluarga ayahku

Yang tinggal di tanah kanaan, telah datang kepadaku”

Kejadian 46:31


GOD Bless u

No comments: