Wednesday, October 28, 2009

(ArBer) Bukan hanya sumpah



Bukan hanya sumpah


Hari ini seluruh rakyat Indonesia memperingati hari sumpah pemuda. Sumpah pemuda menjadi dasar dan tonggak bersatunya bangsa Indonesia. Sebelum sumpah pemuda perjuangan meraih kemerdekaan masih bersifatka teritorial, namun dengan adanya sumpah pemuda, seluruh rakyat mulai bersatu, oleh karena mereka menyadari adanya tujuan yang sama walaupun berbeda suku budaya. Pemuda-pemudi yang berkumpul dalam kongres pemuda tersebut menyadari bahwa hanya dengan bersatu mereka dapat memperjuangkan kemerdekaan. Hasil dari kongres pemuda yang diadakan pada tangal 27-28 Oktober 1928 di Jakarta adalah pernyataan pemuda-pemuda melalui sumpah mereka. Sumpah yang diiklarkan sebagai suatu kesepekatan bersama dari para anggota kongres pemuda inilah yang akhirya dikenang sebagai salah satu tonggak sejarah penggerak nasionalisme bangsa.

Sampai saat ini sumpah tersebut selalu diucapkan pada setiap perayaan atau upacara memperingati sumpah pemuda. Lalu apakah arti sumpah tersebut bagi kita saat ini? Pemuda-pemudi sekarang mungkin sudah tidak asing lagi dengan kalimat-kalimat yang tertera dalam naskah sumpah pemuda, akan tetapi apakah menghafalkan dan mengetahuinya saja sudah cukup? Bisa saja naskah ersebut kita ucapkan sebagai sumpah kita, namun tanpa adanya suatu tindakan nyata maka sia-sialah sumpah tersebut.


Sebagai pemuda kita adalah calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang. Sebagai calon pemimpin bangsa kita wajib kita harus bekerja keras memperthankan kesatuan dan persatuan. Ironisnya generasi muda saat ini, cenderung untuk mudah terprovokasi, diantaranya tawauran antar mahasiswa ataupun perang suku dibeberapa daerah. Suatu saat nanti angkatan tua akan berlalu dan saat itulah kita harus memikul tanggung jawab untuk menjadi pemimpin-pemimpin bangsa. Mungkinkah bangsa ini akan maju jika calon pemimpin bangsa dimasa depan jauh dari kata bersatu?


Mintalah pimpinan Tuhan agar kita menjadi pemuda-pemuda yang mau bertindak demi persatuan bangsa dan bukan menjadi pemuda – pemuda yang hanya mampu bersumpah!


“Aku akan mengangkat

pemuda-pemuda menjadi

pempinan…..”

Yesaya 3:4


GOD Bless u

No comments: