Monday, March 1, 2010

(ArBer)Belajar menyendiri.


Belajar menyendiri.


Siapapun akan malas untuk berkunjung ke sebuah rumah di tengah – tengah pulau tersebut(gambar diatas). Terkecuali mereka yang empunya rumah tersebut dan sepertinya penghuni rumah tersebut memang sengaja membuat rumah di tengah pulau kecil tersebut, agar jauh dari jangakauan orang – orang. Apapun maksudnya, yang jelas mereka sepertinya sukan akan menyendiri.


Kehidupan yang menyendiri memang tidaklah bagus, namun kesendirian juga bisa memberikan banyak dampak positif. Sebuah kota metropolitan yang padat, bisa jadi membuat pikiran juga “sumpek”. Memandang ke kiri banyak orang, melihat kekebalakang, banyak sekali kendaraan, menoleh ke samping, banyak gedung padat berdempetan, itulah pemandangan keseharian di kota besar. Bukannya didak baik kita bersosialisasi atau beraktivitas dengan segala keramaian di kota, akan tetapi kita perlu menempatkan diri kita sekali – kali dalam keadaan yang tenang serta tersendiri.


Keadaan tenang akan membuat pikiran kita juga tenang karena jauh dari hiruk pikuk suara keramaian kota. Dengan begitu pikiran kita kan sangat mudah untuk kita fokuskan dan arahkan kepada hal-hal positif. Tuhan Yesus sendiri terkadang memisahkan diri dengan murid-murid-Nya dan banyak orang hanya sekedar untuk berdoa(Markus 6:45-46). Dengan kesendirian kita akan lebih fokus dengan Tuhan, kita akan mudah “mendengarkan” suara Nya, yang dalam keseharian kita tertutup oleh suara kebisingan dunia.


Suara Tuhan akan mudah terdengar ditengah kesendirian serta ketenangan pikiran kita, oleh karena itu menyingkirlah sejenak dari keramaian, maka kita akan merasakan manfaat kesendirian itu.


“Tetapi jika engkau berdoa, Masuklah ke dalam kamarmu,

Tutuplah pintu

dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi

Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi

Akan membalasnya kepadamu”

Matius 6:6


GOD Bless u

No comments: