Friday, March 26, 2010

(ArBer)Jangan salah baca!


Jangan salah baca!


Pada saat kita sudah bisa membaca, tulisan apapun yang melintas dihadapan kita, pastilah secara otomatis akan terbaca. Indera penglihtan kita akan langsung mengirim pesan kepada otrak kita untuk mengolah huruf-huruf yang kita lihat menjadi sebia kata atau kalimat yang mengandung arti. Karena semuanya terjadi secara otomatis maka, semua susunan huruf akan langsung terbaca pada saat kita melihatnya, termasuk juga susunan huruf yang mengandung makna negatif.


Semua tulisan memang boleh kita baca, akan tetapi belum tentu segala tulisan tersebut berguna. Dalam kehidupan ini kita harus menyaring dengan benar apa yang bisa kita baca. Bacaan atau tulisan yang tidak benar akan membawa pengaruh secara langsung terhadap pemikiran kita. Kata-kata atau kalimat yang kit abaca akan langsung terkirim ke dalam otak kita, dan jika kata-kata atau kalimat bermakna buruk, maka secara tidak langsung otak atau pikiran kita sudah menyimpan kata atau kalimat tersebut.. Lalu apakah yang bisa kita lakukan untuk mencegah kata atau kalimat buruk itu masuk dalam pikiran kita?


Satu hal yang paling mendasar adalah kita harus memprioritaskan apa yang kita baca. Memang mata kita tidak bisa dikendalikan dalam membaca atau melihat sesuatu, namun kita bisa mengendalikan tubuh kita agar menjauhi bacaaan atau tulisan-tulisan yang kurang baik. Kita harus memrioritaskan bacaan akan firman Tuhan, karena didalamnya mengandung jutaan kata-kata bermakna positif dalam membangun kedhidupan yang berkenan di hadapan-Nya. Hindarilah buku – buku remaja yang menonjolkan prilaku kehidupan duniawi yang sedang berkembang saat ini(yang bertema pergaulan bebas, kekayaan, kenikmatan narkoba, motivasi untuk hidup egois serta percaya diri sendiri dan lain sebagainya). Untuk pengetahuan memang semua tulisan boleh dibaca, namun untuk kehidupan yang berdasarkan firman Tuhan maka terdapat banyak tulisan yang harus kita hindari.


Tidak semua tulisan dari manusia bermanfaat untuk dibaca, namun segala tulisan yang diilhamkan oleh Allah sudah pasti bermanfaat untuk dibaca maupun dipraktekkan.


“Segala tulisan yang diilhamkan Allah

memang bermanfaat untuk mengajar,

untuk meyatakan kesalahan,

untuk memperbaiki kelakuan

dan untuk mendidik orang dalam kebenaran”

2 Timotius 3:16


GOD Bless u

No comments: