Wednesday, April 14, 2010

(ArBer)Tulisan yang rontok


Tulisan yang rontok


Setiap huruf yang terbaca dalam sebuah buku, biasanya selalu terekam pada otak kita, paling tidak selama beberpa jam kita masih bisa mengingatnya. Tulisan atau kalimat – kalimat yang kita baca sejatinya akan membentuk suatu pemikiran, fantasi atau imajinasi dalam pikiran kita, namun apabila bacaan tersebut atau kalimat tersebut tidak dapat diingat, lalu adakah faedah dari membaca?


Banyak sekali bacaan – bacaan yang bermanfaat bagi kehidupan kita, misalnyabacaan yang berisi informasi, motivasi bahakan sampai pada bacaan yang meninkatkan inovasi dalam berpikir dan bertindak. Tidak kalah banyaknya, bacaan yang tidak menguntungkan juga banyak, bahkan lebih banyak lagi. Bacaan tentang rumor atau gossip, cerita-cerita fiksi, ramalan - ramalan palsu, sampai hal – hal yang berbau pornografi dan lain sebagainya saat ini lebih banyak beredar. Ironisnya bacaan- bacaan yang memaparkan hiburan serta kenimtan dunia ini, lebih disukai anak-anak remaja, bahkan orang – orang dewasa. Bacaan yang mendidik tentang ilmu pengetahuan sudah mulai ditinggalkan, justru bacaan yang menghibur seperti membuka aib seorang artis(gossip) yang kini menjadi bacaan favorit.


Memang tidak ada salahnya untuk membaca novel, komik, majalah, ataupun tabloid gossip, akan tetapi lebih baik lagi apabila kita bisa membatasi diri dalam mengkonsumsi bacaan – bacaan tersebut. Jika bacaan tersebut membawa dampak buruk, tentunya bacaan tersebut sudah dilarang penerbitannya, namun kenyataannya, dengan adanya majalah tersebut, persainagan didunia jurnalis justru membuka kesempatan kerja dan l;apangan pekerjaan yang besar bagi masyarakat luas. Intinya adalah bukan kalimat – kaliamt yang tersusun dalam sebuah buku yang mempengaruhi pikiran kita, namun hal yang lebih penting adalah iman yang ada didalam hati yang memperngaruhi pikiran kita lebih kuat dari apa bacaan yang masuk kedalam pikiran kita. Yang jelas Injil/Alkitab adalah satu-satunya bacaan yang akan memperkuat Iman kita, dengan membaca Alkitab setiap hari, kita sebenarnya sudah tidak membutuhkan bacaan – bacaan tidak berguna lainnya.


Bacaan yang tidak berguna adalah layaknya tulisan-tulisan yang rontok berjatuhan setelah dibaca, karena tulisan-tulisan tersebut tidak akan pernah masuk dalam pikiran kita, jadi bacalah tulisan yang tak akan “rontok”!


“Semuanya itu terdapat dalam tulisan

Yang diilhamkan kepadaku oleh TUHAN

Yang berisi petunjuk tentang segala

Pelaksanaan rencana itu”

1 Tawarikh 28:19


GOD Bless u

No comments: