Friday, May 14, 2010

(ArBer)Menjaga kesehatan


Menjaga kesehatan


Dalam seminggu kita bisa menghabiskan waktu 60 jam hanya untuk beraktivitas, dan hanya sekitar 42 jam untuk beristirahat. Sisanya mungkin kita gunakan untuk kegiatan lain seperti bersosialisasi, makan, membersihkan tubuh ataupun menghabiskan waktu di jalan. Jika ini berlangsung terus menerus, maka tubuh ini akan terkuras energinya., yang mengakibatkan melemahnya organ-organ tubuh. Dibutuhkan waktu untuk melatih tubuh ini bergerak dengan rileks ataupun santai. Maksudnya adalah otot serta organ tubuh ini tetap bergerak ringan namun tidak dipengaruhi kerja otak yang berlebihan. Contoh sederhananya adalah olah raga, dimana seluruh organ tubuh bergerak dengan rileks, tanpa adanya beban pikiran dari otak.


Mungkin kebanyakan orang merasa dengan pola makanan yang teratur serta istirahat yang cukup saja sudah memenuhi syarat badan sehat. Sebenarnya selain itu kita juga memerlukan olah raga untuk melatih raga ini. Tubuh yang teratur mengeluarkan keringat akan membuat metabolisme tubuh meningkat. Kotoran-kotoran sisa pembuangan ataupun proses pencernaan akan keluar melalui keringat pada saat kita berolah raga. Satu hal yang harus selalu kita ingat adalah “dibalik tubuh yang sehat ada jiwa yang sehat”


Sudah berapa lama kita tidak berolah raga? Mungkin hari libur seperti ini kita lebih memilih memulihkan diri dengan beristirahat, asmbil tidur-tiduran untuk memulihkan stamina kita. Hal tersebut memang tidak salah, namun pola hidup sepertyi nantinya tidak akan membuat tubuh kita benar-benar segar, bisa jadi istirahat yang berlebihan akan membuat tuibuh ini, tyidak siap untuk emnghadapi aktivitas di awal minggu nanti. Sama seperti kehidupan rohani kita yang perlu kita latih kepekaannya terus menerus setiap hari, maka tubuh jasmani ini juga harus terlatih untuk memngahadapi segala aktivitas yang mendukung pekerjaan, kehidupan sosial serta pelayanan kita!


Tubuh yang sehat adalah salah satu syarat penting bagi kita untuk bisa beraktivtas serta melayani-Nya!


“Tetapi aku melatih tubuhku

Da menguasainya seluruhnya

……”

1 Korintus 9:27


GOD Bless u

No comments: