Saturday, August 14, 2010

(ArBer)Semangat Pramuka


Semangat Pramuka


Setidaknya ada duah hari besar pada bulan Agustus dimana kepala negara atau Presiden akan dipastikan datang untu mengisi acra perayaan hari besar tersebut. Selain hari besar kemerdekaan bulan agustus ini juga terdapat hari pramuka. Walaupun hari pramukatidak termasuk dalam hari libur nasional seperti peringatan hari kemerdekaan, akan tetapi hari preamuka termasauk salah satu hari penting(seperti hari pendidikan nasional atau hai pahlawan)hal ini terlihat dari kesediaan Presiden yang selalu menghadiri dan ikut serta dalam perayaannya.


Kegiatan pramuka menjadi sangat penting oleh karena kegiatan remaja ini dianggap sebagai kegiatan positif untuk membangun karakter nak-anak remaja sejak usia dini. Banyak hal positif yang terkandung dalam kegiatan berkelompok dengan seragam khusus ini(coklat-coklat). Daiantaranya ada pembelajaran untuk saling tolong menolong, berjiwa ksatria dan berani bertanggung jawab, hidp mandiri dan dapat memanfaatkan alam untuk bertahan hisup, serta menghormati dan menghargai setiap orang dengan tulus ikhlas tanpa mengharapkan imbalan. Kegiatan ini akan membentuk mental seseorang secara individu menjadi individu yang bermental mandiri serta mampu membina hubungan yang baik antar sesama di lingkungan masyarakat.


Prinsip-prinsip yang diajarkan dalam pramuka sedikit banyak juga yang sesuai dengan firman Tuhan. Pembentukan karakter yang mandiri sebagai individu serta berprilaku ramah dan sopan sebagai anggota masyarakat adalah juga merupakan prinsip kehidupan Kristiani. Kegiatan ini sangat cocok juga dengan remaja-remaja Kristiani. Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan remaja Kristiani dapat memperlajari banyak hal postif mengenai kehidupan nyata dalam dunia ini. Segala hal positif yang didapatkan dari kegiatan pramuka tentunya akan menjadi sempurna, jika didasari dengan iman serta kasih Tuhan yang sesuai dengan firman Tuhan.


Segala hal postif yang didapatkan dalam kegiatan pramuka, jangan hanya dipraktekan pada saat memperingati hari pramuka, akan tetapi praktekkanlah kesemuannya itu setiap hari dalam kehidupan kita! Ayo jangan pernah padamkan semangat pramuka dalam diri kita!


“dan janganlah kamu lupa

Berbuat baik dan memberikan bantuan

Sebab korban-korban yang demikianlah yang

Berkenan kepada Allah”

Ibrani 13:16


GOD Bless U

No comments: