Saturday, September 25, 2010

(ArBer)Hormat ala Jepang


Hormat ala Jepang


Gambar diatas menunjukkan bagaimna seorang Presiden Amerika Serikat Barrack Obama yang menunjukkan sikap hormat kepada Kaisar Jepang. Uniknya Obama menunjukkan rasa hormatnya dengan mengikuti tradisi Jepang yaitu dengan melakukan hormat ala Jepang. Hormat ala masyarakat Jepang yaitu dengan menundukkan kepala ke bawah bumi sampai dengan setengah badan. Presiden Obama menunujukkan sikap hormat dengan sepenuh hati sehingga ia melakukannya sesuai dengan adat atau kebiasaan setempat.


Bukan cara hormat yang akan kita bahas dalam artikel ini, namun sikap saling hormat menghormati antar sesama. Sikap saling menghormati mungkin sudah lazim kita lakukan, namun untuk saling memulai menghormati terdahulu, epertinya masih sulit untuk dilakukan. Contohnya apabila seorang pimpinan perusahaan berjalan melewati para staff perusahaanya akan terlihat pemandangan dimana para staffnya menunjukkan rasa hormat terlebih dahulu kepada pimpinanya. Setelah itu barulah pimpinannya akan merespon dengan memberi salam/hormat kembali, namun tidak jarang pimpinan yang tidak memberikan respon apa-apa, karena merasa pantas dihormati dan tidak perlu menghormati bawahan mereka.


Rasul Paulus dalam kitab Roma mengajarkan untuk saling mendahului dalam memberi hormat dan tentunya hal tersebut dilakukan bukan sebagai suatu formalitas belaka, namun ada makna yang terkandung dalam menunjukkan sikap menghormati orang lain. Dengan memberikan hormat kepada orang lain, berarti kita mengakui keberadaan orang tersebut, serta dengan kasih kita merendahkan hati untuk menegur atau memberikan salam kepada sesama kita. Maknanya jelas yaitu dengan memberikan hormat terdahulu kepada orang lain, kita menyadari bahwa kita tidak lebih baik dari mereka, oleh karenanya kita dengan rendah hati memberikan hormat kepada morang lain. APabila setiap orang saling memeberikan hormat dengan tulus, maka akan terjalin kasih mesra dan kehidupan yang jauh dari rasa egois dan keangkuhan diri. Sudahkah hari kita memberikan hormat atau salam lebih dahulu kepada siapa saja yang kita temui?


Yang terpenting bukanlah cara kita memberikan hormat kepada orang lain, akan tetapi kerelaan serta ketulusan hati untuk memberikan hormat atau salam lebih dulu kepada orang lain.


“Hendaklah kamu saling mengasihi

Sebagai saudara dan saling

Mendahului dalam memberi hormat”

Roma 12:10


GOD Bless u

No comments: