Wednesday, October 20, 2010

(ArBer)Petani yang sabar.


Petani yang sabar.


Masa panen dari tanaman padi ada sekitar 120 sampai 130 hari (sekitar 4 bulan), itupun tergantung dari cuaca. Jika curah hujan cukup dan tidak berlebihan maka tanaman padi akan lebih cepat di panen. Jika demikian maka seorang yang sudah memutuskan untuk menjadi petani haruslah mempunyai kesabaran yangluar biasa disamping ketekunan dalam mengolah tanah. Tanpa kesabaran dan keberserahan terhadap alam, petani tidak akan bisa mendapatkan hasil panen yang terbaik untuk di jual.


Kehidupan kota yang penuh dengan berbagai rutinitas, terkadang menghilangkan kesabaran kita. Semua serba terburu-buru, waktu sepertinya dua bahkan tiga kali lebih cepat dalam sehari, sehingga kita terpacu untuk mengejarnya. Jalanan macet, membuat kita emosi dan hilang kesabaran oleh karena waktu kita akan terbuang sia-sia. Kesabaran sepertinya tidak ada dalam kamus penduduk kota yang prioritas utamanya adalah “kejar setoran”. Apalagi pada saat berkendaraan atau saat jam sibuk berlalu lintas. Tidak jarang klakson, makian bahkan kata-kata kotor keluar dari mulut akibat kemacetan lalu lintas.


Masalah – masalah dalam hidup ini juga terkadang datang secara bersamaan. Jangan menemukan jalan keluar untuk satu masalah, baru mencari jalan keluar, masalah lain sudah menghadang, dan akhirnya pikiran kita mulai “macet” atau tersendat. Tekanan luar biasa seperti itu terkadang membuat kita mencari jalan pintas yang terkadang berakhir dengan kematian. Cobalah sejenak kita memandang kesabaran petani yang berserah kepada alam agar menurunkan hujan untuk memenuhi kebutuhan air dari padi tanaman mereka. Kesabaran itulah yang harus jadi dasar iman hidup kita! Tidak peduli sebanyak apapun masalah yang menumpuk didepan mata kita, jika mengimani Tuhan akan menolong dan membukakan jalan, maka hal itu pasti terjadi sesuia dengan waktu dan kehendak-Nya. Berdoalah dan mintalah kesabaran ala petani yang menunngu datangnya hujan, lalu nantikanlah karya besar Tuhan bekerja dalam hidup kita!


Kesabaran petani membuat hasil panen padinya berkualitas, oleh karena itu percayalah bahwa kesabaran dalam hati kita juga akan membuahkan kualitas iman yang baik di dalam dunia fana ini


“Karena itu, saudara-saudara

Bersabarlah sampai kedatangan Tuhan!

Sesunguhnya petani yang menantikan hasil yang berharga dari tanahnya

Dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur

Dan hujan musim semi”

Yakobus 5:7


GOD Bless u

No comments: