Friday, November 12, 2010

(ArBer)Minuman yang sesuai dengan umur.


Minuman yang sesuai dengan umur.


Akan sangat aneh bila seorang dewasa minum susu menggunakan botol susu anak. Sebaliknya seorang anak balita juga tidak pantas untuk minum sebotol bir. Orang dewasa dan para balita memiliki minuman tersendiri sesuai dengan kadar nutrisi dan kebutuhan tubuh mereka. Jadi bagi anak-anak jangan memaksakan mengkonsumsi makanan orang dewasa, dan begitu juga sebaliknya orang dewasa juga tidak mengkonsumsi makanan anak-anak.


Sama seperti mengkonsumsi makanan, dalam menyebarkan firman Tuhan kita juga harus memperhatikan kadar kebutuhan dan kemampuan iman kita. Kita tidak bisa begitu saja membicarakan akan firman Tuhan tanpa kita sendiri belajar lebih dalam akan firman itu sendiri. Dalam menyebarkan firman Tuhan juga diperlukan pengalaman pribadi serta pendidikan ataupun pengetahuan formil yang menunjang. Hal tersebut memang tidak membatasi keinginan kta untuk menyebarkan firman Tuhan, akan tetapi membantu kita agar setelah kita memberitakan firman Tuhan kita sendiri juga mampu membuktikan secara nyata baik dari segi Iman yang disertai pokok dasar pengetahuan yang menunjang.


Untuk menjadi seorang Pendeta atau gembala sidang memang tidak hanya tergantung oleh panggilan Tuhan, akan tetapi kita juga perlu melengkapi diri dengan mengikuti sekolah teologia atau pendidikan-pendidikan formil lainnya. Panggilan Tuhan adalah dasar Iman untuk kita mencari atau menggali lebih dalam lagi akan firman Tuhan. Janganlah terburu-buru kita menanggapi panggilan Tuhan dengan bersedia berkotbah atau memberitakan firman dimana saja dan kapan saja, akan tetapi perkuatlah kadar iman kita melalui pendalaman akan firman-Nya dengan pengetahuan serta pendidikan dari lembaga formil. Pergunakanlah kesempatan untuk mengabarkan serta mengajarkan Firman-Nya sesuai dengan porsi yang mampu kita berikan, janganlah mengambil porsi seorang Pendeta bagis seseorang yang baru saja bertobat.


Janganlah kita terburu-buru menyebarkan atau mengajarkan Firman-Nya, Apabila kita sendiri belum paham dan yakin apa maksudnya.


“Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu

Sudah seharusnya menjadi pengajar

Kamu masih perlu lagi diajarkan

Asas-asas pokok dari penyertaan allah

Dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras”

Ibrani 5:12


GOD Bless u

No comments: