Sunday, November 14, 2010

(ArBer)Anak haruslah tetap menjadi anak!


Anak haruslah tetap menjadi anak!


Gambar diatas memang sebenarnya hanya sebuah pertunjukkan untuk menghibur penonton. Atau bisa saja balita tersebut bukanlah anak kandung dari si pelempar pisau, karena mungkin tidak ada orang tua yang mau menjadikan anaknya “bermain” dengan maut. Meleset sedikit saja, maka balita itu akan menjadi korban dari pisau yang tajam tersebut. Orang tua mana yang tega membiarkah hal tersebut terjadi?


Pertanyaan tersebut saat ini sepertinya sudah tidak relevan lagi. Saat ini justru banyak kejadian nyata akan pengeksploitasian anak-anak untuk kepentingan diri sendiri. Bahkan sebagaian besar orang tua mereka sendirilah yang “memanfaatkan” anak-anak yang masih di bawah umur. Anak-anak memang tanggung jawab mutlak dari ke dua orang tuanya akan tetapi bukan berarti orang tua justru membebankan apa yang seharusnya menjadi tanggung jawab orang tua seperti dalam hal mencarari nafkah.


Sebagai orang tua kta harus merawat anak semampu dan semaksimal kita. Tanggung jawab tentu saja bukan hanya kepada Ibu rumah tangga(karena lebih banyak waktu di rumah), akan tetapi sebagai kepala keluarga, seorang bapak juga bertanggung jawab penuh. Sebagai seorang bapak yang baik, kita perlu menempatkan anak-anak sesuai dengan perkembanga pola pikir mereka!karena anak sampai kapanpun akan tetap menjadi seorang anak. Jangan memaksakan mereka untuk menghasilkan uang pada saat mereka baru mengenal angka atau memamksa mereka berlari pada saat mereka mulai merangkak. Pola pikir dan pertumbuhan anak – anak harus selalu diikuti, dan disesuaikan serta jangan pernah memberikan contoh apalagi mengharuskan mereka melakukan apa yang biasa dilakukan orang dewasa!


Didik dan perlakukanlah anak-anak sesuai dengan porsi umur mereka! Dan jangan menjadikan mereka korban keegoisan diri kita!


“Dan kamu bapa-bapa

…..

………

Didiklah mereka di dalam ajaran

Dan nasihat Tuhan”

Efesus 6:4


GOD Bless u

No comments: