Sunday, January 30, 2011

(ArBer)Bukan untuk diangkat sendiri.


Bukan untuk diangkat sendiri.


Dengan ukurang yang hampir sebesar badan manusia, alangkah baiknya ikan tersebut(pada gambar diatas) tidak diangkat sendiri. Siapapun yang melihat orang tersebut, seharusnya ikut membantu mengangkatnya, karena dengan kemampuan diri sendiri, tentunya akan sangat sulit bagi orang tersebut mengangkat ikan besar tersebut.


Terdapat dua kemungkinan, mengapa orang tersebut(pada gambar diatas) mengangkat beban berat itu seorang diri. Kemungkinan pertama adalah, mungkin memang tidak ada orang lain yang bersedia membantunya mengankat beban besar di punggungnya itu. Lalu kemungkinan lainnya adalah orang tersebut memang sengaja enggan berbagi beban oleh karena ingin mendapatkan sendiri upah yang akan diberikan kepadanya. Memang semuanya tergantung dari situasi dari si pengankat ikan tersebut, akan tetapi bila terlalu dipaksakan mengangkat bebam berat tersebut, hasil yang didapatkan bisa jadi tidak sepadan dengan tenaga yang dikeluarkannya.


Tidak jarang dalam kehidupan ini, kita juga terkadang memaksakan diri untuk mengankat beban berat seorang diri. Mungkin karena merasa malu untuk meminta bantuan, atau bahkan sengaja mengankat beban seorang diri oleh karena ingin mendapatkan “upah” yang besar seorang diri. Mulai saat ini kita harus belajar untuk menerima segala keterbatasan diri dengan penuh bijaksana. Akuilah bahwa tidaks emua bebankehidupan ini bisa kita tanggung sendiri. Ada kalanya kita membutuhkan orang lain serta Tuhan. Dengan memaksakan sendiri menanggung beban, berarti kita malah menyiksa diri sendiri demi hasil yang tidak dapat kita nikmati sepenuhnya.(apabila sakit punggung, hasil dari menjual ikan juga akan terpakai untuk berobat). Berbagilah dengan sesama apabila kita diberikan berkat dan pada saat kita tidak mampu mengangkat beban permasalahan seorang diri. Dengan saling tolong-menolong serta kebersamaan, maka kasih Tuhan akan terpancar semakin terang dan jauh menyentuh banyak jiwa-jiwa.


Beban berat yang dipaksakan diangkat seorang diri, menyebabkan orang tersebut mendapatkan sedikit keuntungan, dibandingkan dengan orang yang bersedia berbagi beban.


“Bertolong-tolonglah

Menanggung bebanmu

Demikianlah kamu memenuhi

Hukum Kristus”

Galatia 6:2


GOD Bless u

No comments: