Monday, January 24, 2011

(ArBer)Perbedaan orang berpengetahuan dan bodoh


Perbedaan orang berpengetahuan dan bodoh


Apabila mengamati gambar diatas, ada satu kesimpulan yang bisa diambil. Kesimpulan tersbut adalah bahwa orang bodoh itu bagaikan seorang yang penglihatannya agak kabur. Walaupun dipakaikan kaca mata tetap saja dia tidak bisa melihat.jelas(pada gambar di atas di umpamakan seorang yang pandangannya tertutup plastik hitam)


Orang yang tak berpengetahuan diumpamakan dengan orang yang penglihatannya tertutup oleh plastik hitam. Mungkin saja hal tersebut menggambarkan sudut pandang yang terbatas, tidak berakal budi ataupun pemikiran yang terbatas. Siapakah yang ingin menjadi orang bodoh? Oleh karena itu ilmu pengetahuan sangat penting bagi kita semua. Baik melalui lembaga formil atau non formil imu pengetahuan tetap penting dan sangat dibutuhkan. Bahkan bagi kita orang-orang percaya, ilmu pengetahuan juga sangat penting dan dibutuhkan untuk bisa lebih mengenal Tuhan agar bisa dipakai-Nya.


Sangat sulit tentunya bagi kita untuk menjadi pelayan-pelayannya apabila kita tidak dibekali ilmu pengetahuan. Bahkan terkadang kita harus mempunyai ilmu pengetahuan yang lebih baik dari pada orang-orang yang akan kita layani. Dalam berbagai bagian penulis kitab amsal juga banyak menyinggung akan pnegetahuan. Tanpa pengetahuan seseorang dianggap sebagai orang bodoh yang terancam binasa, akan tetapi orang yang berpengetahuan dikatakan tertata pemikirannya serta tutur kata, dan orang seperti itulah yang dikatakan bijak. Mulai hari ini dimanapun serta kapanpun kita memiliki kesempatan untuk berlajar maka kita harus belajar untuk menambah ilmu pengetahuan kita! Dan ingatlah bahwa talenta apapun yang kita miliki jika pikiran tidak didasari ilmu pengetahuan maka kemungkinan besar talenta tersebut ditak akan bisa kita pakai!


Orang yang berpengetahuan bisa melihat apapun dan meraihnya jika mau berusaha, akan tetapi orang bodoh "melihat" saja belum tentu jelas.


“Orang bijak menyimpan pengetahuan,

Tetapi mulut orang bodoh adalah

Kebinasaan yang mengancam”

Amsal 10:14


GOD Bless u

No comments: