Sunday, February 13, 2011

(ArBer)Obyek kasih


Obyek kasih


Lambang hati atau cinta pada gambar diatas terbentuk dari tangan dua orang manusia. Dengan tangan sendiri tentu bisa saja kita membuat lambing kasih, namun dengan adanya orang lain lambing kasih yang kita buat pasti akan lebih besar dari yang bisa kita buat dengan tangan sendiri.


Mengasihi diri sendiri adalah bentuk kasih dimana diri kita menjadi obyek dari kasih. Mengasihi diri sendiri tentu saja bukan perkara sulit, namun bagaimana jika yang menjadi obyek kasih kita adalah orang lain sesama kita? Mengasihi orang lain yang cocok atau menguntungkan kita memang mudah, namun mengasihi mereka yang tidak cocok serta kita anggap merugikan kita tentunya sulit untuk kita lakukan. Jika merasa Tuhan sudah mengasihi kita selama ini, maka tanpa mengasihi sesama, tidak mungkin kita mengatakan bahwa kita telah membalas kasih Tuhan.


Kita semua adalah obyek kasih dari Tuhan. Tuhan Yesus sendiri memberikan contoh nyata, bahwa dia sangat mengasihi manusia(bahkan kita yang penuh dengan dosa), walaupun Dia harus mengorbankan tubuh dan nyawa-Nya. Bayangkan apabila Yesus lebih mengasihi diri-Nya sendiri dan menolak untuk di salibkan?pasti sampai hari ini kita masih belum terselamatkan dari hukuman dosa. Kasih haruslah menyentuh obyek selain diri kita sendiri. Dengan demikian kasih akan terus mengalir serta tidak berhenti hanya pada diri kita sendiri. Mungkin hari ini kita bisa merayakan atau menyalurkan kasih kepada orang-orang yang dekat dengan kita, namun jangan lupa kasih harus tetap kita salurkan setiap hari kepada sesama, tanpa harus adanya syarat tertentu(hanya yang dekat dengan kita, atau mereka yang mengasihi kita juga). Mengasihi orang lain adalah bentuk kasih yang lebih besar dibandingkan dengan menjadikan diri kita sendiri obyek kasih.


Kasih terbesar Tuhan adalah mengorbankan Anak-Nya yang tunggal Yesus Kristus untuk menembus dosa seluruh umat manusia, dikatakan besar karena sasaran serta obyekkasihnya mencakup seluruh umat manusia. Lalu jika ingin mengatahui seberapa besar kasih kita kepada Tuhan, maka kita harus menghitung berapa banyak, orang sesama kita yang telah merasakan kasih kita?


“Saudara-saudaraku yang kekasih

Marilah kita saling mengasihi

…………..

Barangsiapa tidak mengasihi

Ia tidak mengenal Allah

Sebab Allah adalah kasih”

1 Yohanes 4:7-8


GOD Bless u

No comments: