Sunday, February 20, 2011

Walupun masih “bau kencur”, tapi sudah terampil.


Walupun masih “bau kencur”, tapi sudah terampil.


Gambar diatas mungkin adalah impian setiap orang tua di dunia ini. Anak gadis dalam gambar tersebut mampu mengganti ban mobil seorang diri. Terlihat dalam gambar itu sang bapak hanya bersantai karena pekerjaan yang harus dilakukannya sedang dikerjakan anak gadisnya yang masih kecil.


Dimanapun kita berada saat ini, usahakanlah kita bermanfaat bagi orang lain! Hal yang paling sulit adalah pada saat orang lain meremehkan kemampuan kita karena dianggap masih “hijau” atau masih terlalu muda. Niat baik kita untuk membantu atau bermanfaat bagi orang-orang sekitar kita biasanya mengalami patah semangat, jika kita mendapatkan perlakuan seperti : dianggap tidak berpengalaman, dianggap belum cukup umur, ataupu dikatakan masih “bau kencur”. Siapapun yang bersemangat tentunya akan hancur seketika karana dianggap kurang berpengalaman dan kurang terampil.


Apakah saat ini ada diantara kita yang sedang meremehkan anak muda yang sedang bersemangat untuk bekerja atau beraktivitas? Sekali-kali jangan lakukan itu! Karena keberhasilan kita raih saat ini bisa jadi terwujud oleh karena bantuan mereka. Berilah ruang bagi mereka yang muda dan bersemangat untuk berkreativitas dan mengasah bakatnya!, tanpa kesempatan mereka tidak akan bertumbuh. Lalu apabila kita sendiri mendapatkan “cap” bau kencur dari mereka yang lebih tua serta berpengalaman, maka janganlah kita cepat berputus asa serta menyimpan dendam! Berdoalah dan minta roh kudus memimpin jiwa kita, agar kita tidak tergoda untuk berbuat dosa, setelah itu tetaplah berkarya dan tunjukkan bahwa walalupun masih muda dan kurang berpengalaman, bukan berarti kita tidak terampil ataupun profesional.


Meremehkan orang-orang muda seharusnya tidak kita lakukan, karena kita tsendiri juga sebenarnya tidak ingin dianggap sebagai anak “bau kencur” oleh mereka yang sudah berpengalaman atau berumur!


“Jangan seorangpun menganggap

Engkau rendah

Karena engkau masih muda.

….”

1 Timotius 4:12


GOD Bless u

No comments: