Wednesday, April 6, 2011

(ArBer)Makanlah secukupnya!



Makanlah secukupnya!


Seekor ular anacaonda mampu menalan bulat-bulat seekor anak kerbau. Ular anaconda yang telah menelan seekor anak kerbau biasanya memerlukan waktu berminggu-minggu untuk menguraikan makanan dalam perutnya, dan selama waktu itu biasanya ular tersebut akan mencari tempat untuk berdiam dan beristirahat. Butuh waktu sebulan sampai ular tersebut kembali berburu makanan lagi.


Meskipun kita berbeda dengan ular anaconda, namun terkadang nafsu makan kitapun serupa. Biasanya kita berpikir selagi muda, apa saja bebas kita konsumsi, bahkan terkadang makanan-makanan yang harus dibatasi konsumsinya malahan kita konsumsi tidak terbatas. Berbeda dengan ular, kita tentunya mempunyai keterbatasan dalam hal kesehatan. Makanan-makanan yang mengandung zat tertentu jika berlebihan kita konsumsi maka akan menyebabkan gangguan kesehatan. Jika sudah semikian maka makanan bukan lagi mendatangkan kesehatan akan tetapi mendatangkan penyakit oleh karena nafsu makan kita yang berlebihan.


Tuhan Allah mengajarkan bangsa Israel untuk hidup sehari-hari tanpa rasa kuatir! Ketika di padang gurun, Tuhan mengirimkan makanan, setiap harinya, akan tetapi bangsa Isreal hanya diperbolehkan mengambilnya secukupnya. Apabila ada bangsa Israel yang mengumpulkan berlebihan untuk maksud menyimpannya untuk esok hari, maka makanan tersebut akan menjadi busuk. Tuhan ingin mengajarkan kepada kita agar dapat menahan hawa nafsu terhadap segala hal, apalagi terhadap makanan yang kita konsumsi. Bagaimanapun tubuh kita adalaha Bait Allah, oleh karennya kita juga bertanggung jawab menjaganya, selain menggunakannya. Tubuh yang sehat, sebagaian besar diakibatkan oleh konsumsi makanan kita yang teratur, oleh karena itu kendalikanlah makanan yang kita konsumsi!


Nafsu makan yang berlebihan, akan membuat tubuh kekurangan nutrisi yang akan masuk kedalam tubuh!


“Jawab Yesus kepada mereka

Apabila kamu berdoa, katakanlah

Bapa, dikuduskanlah nama-Mu;

Datanglah kerjaan-Mu

Berikanlah kami setiap hari

Makanan kami yang secukupnya”

Lukas 11:2-3


GOD Bless u

No comments: