Wednesday, May 18, 2011

(ArBer)Bebas bergaul atau bergaul dengan bebas?


Bebas bergaul atau bergaul dengan bebas?


Judul film diatas sepertinya adalah suatu realita yang terjadi dalam dunia remaja saat ini. Dengan era komunikasi yang tidak terbatas, siapa saja akan mudah membentuk komunitas persahabatan melalui berbagai cara. Selain di dunia nyata, komunitas pergaulan juga mudah sekali ditemukan dalam dunia maya. Lalu pertanyaannya adalah, komunitas pergaulan seperti apa yang boleh kita ikuti?


Memang tidak ada undang-undang yang mengatur tentang pergaulan / pertemanan. Siapa pun bebas bergaul dengan siapa saja, tanpa adanya batasan. Kebebasan bergaul inilah yang terkadang menyeret seseorang masuk ke dalam lembah dosa. Sebesar apapun peran orang tua, sepertinya tidak akan banyak mempengaruhi, apabila anak-anak merasa mempunyai hak bergaul dengan sebebas-bebasnya.


Satu-satunya yang bisa mengingatkan mereka hanya melalui hati nurani mereka sendiri. Apabila hati nurani mereka berisi prinsip yang didasari iman kokoh, maka sedahsyat apapun godaan pergaulan duniawi, tetap tidak akan membuat mereka bergeming. Oleh karena itu alangkah baiknya iman selalu dipupuk sejak usia dini! Kita harus membebaskan mereka untuk bergaul, namun usahakan mereka tidak bergaul dengan sebebas-bebasnya! Ungkapkanlah secara perlahan batasan-batasan dalam pergaulan! Jangan memberikan larangan, namun berikanlah perumpamaan akan nilai positif dan negatif dalam setiap pergaulan! Satu hal yang penting adalah berilah mereka contoh nyata, bahwa hanya dengan Tuhan Yesuslah, kita boleh bergaul dengan bebas! karena Dia adalah sahabat yang penuh dengan kasih, serta sahabat yang tidak akan membawa kita ke dalam hukuman maut, melainkan hidup yang kekal.


Pergaulan bebas yang buruk pasti akan merusak segala kebiasaan baik yang telah orang tua ajarkan sejak kecil kepada anak mereka, oleh karena itu tanamkanlah terlebih dahulu pengenalan dengan Sang Sahabat sejati yang telah mengorbankan nyawa-Nya, maka anak-anak akan terbebas dari pergaulan yang sebebas-bebasnya (tanpa batasan)!


“Janganlah kamu sesat:

Pergaulan yang buruk merusak

Kebiasaan yang baik”

1 Korintus 15:33


GOD Bless u

No comments: