Tuesday, May 31, 2011

(ArBer)Cari cara praktis saja!


Cari cara praktis saja!


Dari pada sulit harus membidik dengan tepat burung bangau, agar bisa tertembak, lebih baik pakai cara yang lebih praktis. Gambar diatas menunjukkan bahwa cara yang lebih praktis adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Tidak perlu membidik dengan tepat, hanya menyalakan mesinnya saja maka burung bangau akan tersedot dengan sendirinya.


Walaupun gambar diatas adalah sebuah ilustrasi tentang produk kebersihan tertentu, akan tetapi pesan yang disampaikannya cukup bermanfaat. Terkadang dalam hidup ini kita terlalu memikirkan hal yang terlalu rumit, sehingga banyak memakan waktu dan energi. Dalam pengadaan acara tertentu di gerejapun kita terkadang terlalu memikirkan rencana-rencana detail untuk membuat suatu acara perayaan tampak sempurna(misalnya HUT Gereja, Paskah atau Natal). Memang tidak ada salahnya kita mengusahakan yang terbaik, namun terkadang ego kita menyajikan acara yang terbaik pada jemaat, akhirnya menghilangkan esensi sesungguhnya dari perayaan tesrsebut.


Dalam Firman Tuhan, kita bisa melihat penyertaan Tuhan justru terlihat dari hal-hal sederhana yang praktis. Misalnya saja Daud tidak terlalu banyak memikirkan taktik perang atau alat perang untuk menghadapi Goliath. Dia tampil sederhana dan hanya mengandalkan ketapel dan tentunya nama Tuhan. Teman-teman Daniel yang masuk ke perapianpun tidak kuatir dan memilih tampil apa adanya untuk masuk ke dapur api. Sedangkan nabi Elia sendiri tidak memikirkan bagaimana caranya agar api bisa membakar korban bakarannya yang sebelumnya sudah disirami air, nabi Elia hanya memerlukan doa. Dari contoh-contoh tersebut kita dapat belajar bahwa hanya Iman yang disertai dengan kerendahan hati dan keberserahan sepenuhnyalah yang dibutuhkan untuk mendapatkan berkat dari Tuhan. Tidak selamanya Tuhan hanya berkenan kepada mereka yang semua rencananya tersistem dan tersusun rapi, kepada mereka yang memilih cara-cara praktis yang dijalankan dengan Iman serta tujuan jelaspun pastilah Tuhan berkati!


Mintalah hikmat dari Tuhan, agar pikiran kita terbuka dan tidak menghabiskan energi untuk sesuatu yang bisa kita lakukan dengan mudah secara praktis!


“Tetapi apabila di antara kamu

Ada yang kekurangan hikmat

Hendaklah ia memintakannya kepada Allah

…………..”

Yakobus 1:5


GOD Bless u

No comments: