Sunday, May 22, 2011

(ArBer)Silahkan menangis!


Silahkan menangis!


Pada tahun 90 an ada sebuah film yang berjudul “boy’s don’t cry”. Apabila kita mengartikan film tersebut, tentunya kita dapat mengetahui kira-kira apa isi dari film drama tersebut. Dari judulnya saja kita sudah mengetahui bahwa inti dari film drama tersebut menyatakan bahwa seorang laki-laki atau remaja pria pantang untuk menangis. Lalu apakah benar menangis hanya pantas untuk kaum hawa?


Saat menangis mata mengeluarkan air mata, dan biasanya secara otomatis akan berhenti pula saat hati dan pikiran kita sudah tidak terfokus pada apa yang kita lihat atau rasakan. Jadi sebenarnya setiap manusia bisa saja menangis, dan sebenarnya tidak ada sama sekali larangan bagi siapa saja untuk menangis. Masyarakat modern, menilai bahwa seorang pria dewasa tidaklah pantas untuk menangis. Pria dipercaya sebagai pemimpin mereka yang lemah(kaum hawa), jadi sangatlah tidak pantas apabila seorang pria menangis.


Yesus Kristus juga sama seperti manusia biasa, sama seperti para pria lainnya, akan tetapi Dia tidak pernah “menahan air matanya”pada saat Dia bersedih. Dia yang Maha segalanyapun menangis sama seperti orang biasa. Dia sama sekali tidak mempertahankan”harga diri”-Nya. Menangis bukanlah hal yang tabu bagi seorang pria. Yang dianggap menyimpang(cengeng) serta tabu adalah, menangis terus menerus, dan atau mudah sekali menangis oleh karena hal sepele. Saat kita benar-benar berempati ataupun bersimpati dengan kesedihan orang lain, pastilah kita juga akan merasakan apa yang mereka rasakan. Pada saat itu biarlah kita menangis, dan janganlah menahan air mata kita! Tunjukkanlah kalau kita benar-benar ingin berbagi beban dengan mereka yang berbeban berat! Jadilah saluran kasih dimanapun kita berada! Dan janganlah sungkan menangis atau tertawa dengan sesama kita, di saat kita berbagi beban serta kebahagiaan bersama!


Menangis dengan maksud tertentu tidak akan membuat seorang pria kehilangan jiwa “laki-laki” mereka, bahkan akan semakin mempertegas, bahwa pria tersebut adalah seorang yang berhati lunak dan penuh kasih.


“Maka menangislah Yesus

Kata orang Yahudi:

Lihatlah, betapa kasih-Nya kepadanya!”

Yohanes 11:35-36


GOD Bless u

No comments: