Monday, May 23, 2011

(ArBer)Percuma, bila tak didengar!


Percuma, bila tak didengar!


Suatu saat seorang ibu datang kepada Gembala Gereja. Sang ibu berkonsultasi dengan Pendeta tentang anaknya yang malas untuk membaca buku pelajaran. Ibu tersebut mengeluh, sepertinya mulut sudah”kering” untuk memberitahukan pentingnya membaca, dari nasihat halus sampai perintah keras, akan tetapi tetap saja sang anak tidak mau mendengar. Setelah mendengar keluh kesah ibu itu, kemudian Pendeta tersebut menanyakan sebuah pertanyaan : “apakah ibu pernah membaca buku di depan mereka?”, ibu tersebut kemudian terdiam karena menyadari kesalahannya.


Dalam kehidupan sehari-hari kita kerap menemui orang-orang yang keras kepala apabila dinasihati. Dari kata-kata manis yang dirangkai sedemikian rupa sampai pada kata-kata perintah keras, tetap saja tidak didengarkan. Walaupun terkadang demi kebaikan mereka, tapi kerap kali saran kita tidak didengarkan. Dengan demikian, orang-orang keras kepala tersebut bisa dikatakan sebagai orang bebal. Lalu bagaimanakah cara yang tepat untuk menyadarkan mereka dari kebebalannya?


Tidak semua orang bisa “disadarkan” melalui kata-kata. Kata-kata bagi orang bebal bisa jadi hanya dianggap angin lalu saja, secepat mereka mendengar, maka secepat itu pula dilupakannya. Cara efektif untuk menasihati mereka adalah dengan tindakan nyata! Tindakan nyata akan menjadi contoh jelas bagi mereka. Keuntungan memberikan contoh nyata adalah kita akan menunjukkan dampak secara langsung apabila mereka menuruti nasihat kita, selain itu kita juga pasti akan mendapat perhatian mereka oleh karena kita sendiripun melakukan terlebih dahulu apa yang kita ingin mereka lakukan. Menasihati juga memerlukan kreativitas, mintalah Tuhan agar memberikan hikmat dan kebijaksanaan agar kita bisa memberikan contoh terlebih dahulu sebelum meminta orang lain melakukannya.


Di saat pendengaran tidak “berfungsi” maksimal, maka carilah cara lain agar apa yang kita inginkan bisa diterima dengan baik oleh panca indera lainnya!


“Jangan berbicara di telinga orang bebal

Sebab ia akan meremehkan

Kata-katamu yang bijak”

Amsal 23:9


GOD Bless u

No comments: